KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Peta persaingan e-commerce di pasar domestik kian riuh, berdasarkan riset Iprice terbaru, persaingan pasar e-commerce di Indonesia masih dikuasai pemain lama. Tokopedia pada kuartal III tahun ini menguasai 25% pengunjung desktop atau setara dengan 65,95 juta pengunjung. Shopee mengekor di posisi kedua dengan penguasaan pasar 21% dengan rerata kunjungan 55,96 juta pengunjung, kemudian disusul Bukalapak dengan 42,87 juta pengunjung, Lazada 27,99 juta pengunjung, Blibli dengan 21,39 juta, JD.ID dengan 5,52 juta dan Bhinneka dengan 5,04 juta pengunjung, Sociolla 3,99 juta pengunjung, Orami sebanyak 3,91 juta pengunjung dan Ralali sebanyak 3,58 juta pengunjung. Dari sepuluh teratas pemain e-commerce besar nyatanya start up besutan lokal masih mampu menguasai, hanya saja pangsa pasarnya tak terlalu besar. Asal tahu setengah dari 10 daftar e-commerce terbesar itu mendapatkan suntikan dana dari investor Tiongkok, misalnya Shopee dari Tencent, Tokopedia dan Lazada mendapat suntikan dari Alibaba dan JD ID dari JD.
Kuartal III-2019, e-commerce besutan lokal masih perkasa
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Peta persaingan e-commerce di pasar domestik kian riuh, berdasarkan riset Iprice terbaru, persaingan pasar e-commerce di Indonesia masih dikuasai pemain lama. Tokopedia pada kuartal III tahun ini menguasai 25% pengunjung desktop atau setara dengan 65,95 juta pengunjung. Shopee mengekor di posisi kedua dengan penguasaan pasar 21% dengan rerata kunjungan 55,96 juta pengunjung, kemudian disusul Bukalapak dengan 42,87 juta pengunjung, Lazada 27,99 juta pengunjung, Blibli dengan 21,39 juta, JD.ID dengan 5,52 juta dan Bhinneka dengan 5,04 juta pengunjung, Sociolla 3,99 juta pengunjung, Orami sebanyak 3,91 juta pengunjung dan Ralali sebanyak 3,58 juta pengunjung. Dari sepuluh teratas pemain e-commerce besar nyatanya start up besutan lokal masih mampu menguasai, hanya saja pangsa pasarnya tak terlalu besar. Asal tahu setengah dari 10 daftar e-commerce terbesar itu mendapatkan suntikan dana dari investor Tiongkok, misalnya Shopee dari Tencent, Tokopedia dan Lazada mendapat suntikan dari Alibaba dan JD ID dari JD.