Kuasai Pasar Waran Terstruktur di Korea Selatan, KIS Indonesia Incar Pasar Indonesia



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Korea Investment and Sekuritas Indonesia (KIS Indonesia) menjadi penerbit atau issuer atas produk waran terstruktur. Hingga Jumat (11/10), broker asal Korea Selatan telah menerbitkan 60 seri waran terstruktur. 

Jangwon Seo, Head of Global Derivatives dari Korea Investment & Securities Asia mengatakan pihaknya memiliki tujuan untuk memperbesar pangsa pasar waran terstruktur di pasar modal Tanah Air. 

"KIS Indonesia merupakan salah satu dari lima penerbit waran terstruktur yang ada saat ini dengan total rata-rata transaksi harian sebesar Rp 900 juta," jelasnya dalam keterangan tertulis, Jumat (11/10). 


Baca Juga: BEI Berencana Memperluas Underlying Waran Terstruktur ke IDX80

Adapun KIS Indonesia telah memiliki pengalaman dalam menerbitkan waran terstruktur di luar pasar Indonesia. Di negara asalnya, Jangwon bilang Korea Investment & Securities Group menjadi pemimpin pasar. 

Selain itu, KIS Group juga meluncurkan waran pertamanya di Vietnam pada 2019. Kemudian KIS Group juga merambah ke pasar Hong Kong untuk menawarkan waran terstruktur pada Desember 2023. 

Pada kuartal I-2024, KIS Korea menguasai 93% dari pangsa pasar Equity Linked Warrants (ELW) di pasar domestik Korea Selatan. Sedangkan, KIS Vietnam adalah satu dari dua issuer waran terstruktur terbesar di Vietnam. 

Baca Juga: Genap Dua Tahun Diluncurkan, Begini Perkembangan Transaksi Waran Terstruktur

"Untuk pasar Hong Kong, total transaksi harian KIS Asia mencapai US$ 13,9 juta per harinya, setara dengan 2,6% dari total transaksi pasar waran terstruktur secara keseluruhan," kata Jangwon. 

Selanjutnya: Menanti Langkah Berani Prabowo Buru Pajak Orang Kaya Indonesia

Menarik Dibaca: Havaianas Warehouse Big Sale 2024, Ini Saatnya Bersantai di Bali dan Nikmati Diskon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli