Kuasai saham 99,9%, Catur Sentosa (CSAP) tambah modal anak usaha lagi Rp 74,9 miliar



KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) kembali menambah modal ke anak usahanya: PT Mitra Sejati Sentosa (CMSS). Suntikan dana ke anak usaha kali ini sebesar Rp 74,93 miliar.

Lewat pengumuman resmi perusahaan di laman Bursa Efek Indonesia, Kamis (10/9),  aksi korporasi ini dilakukan pada tanggal 8 September 2020. Dengan tambahan modal tersebut,  modal  yang ditempatkan dan disetor ke CMSS meningkat menjadi Rp 800 miliar.

Dengan setoran modal segede itu, CSAP kini menguasai 99,90% saham CMSS. “Penambahan modal ini bertujuan untuk memperkuat permodalan CMSS agar penggunaan dana dari pihak ketiga, seperti bank, dapat berkurang,” ujar Corporate Secretary Catur Sentosa (CSAP) Idrus H Widjajakusuma, Kamis (10/9).

 Efek setoran ini diharapkan bisa memberikan keuntungan yang lebih baik bagi induk usaha. Tak hanya itu saja, penambahan modal ini juga bertujuan untuk mendukung pengembangan kegiatan usaha CMSS, seperti pembukaan sejumlah gerai Mitra10 baru, juga pembelian stok barang, dan modal kerja.

Idrus juga menyebut, peningkatan modal ini sejalan dengan tujuan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) yang telah dilakukan perseroan pada tahun 2018 lalu.

Saat itu, CSAP menerbitkan saham baru sebanyak 405 juta saham. Ini 10% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

CMSS adalah anak usaha CSAP yang bergerak dalam bidang perdagangan ritel modern bahan bangunan dengan merek Mitra10.

CSAP sebelumnya menyebutkan bahwa akan tetap melakukankan ekspansi dengan membuka gerai baru Mitra 10 di semester II  tahun ini. CSAP juga akan tetap mempertahankan target bisnisnya, seiring dengan pertumbuhan penjualan positif di semester I-2020.

Target awal, CSAP berniat membuka lima sampai enam toko tahun ini, namun melihat situasi pandemi, pembukaan gerai baru kemungkinan diturunkan menjadi dua gerao.

Kuartal I, CSAP membuka gerai Mitra10 di Lombok pada kuartal I-2020. Pembukaan gerai baru tersebut, menjadi gerai ke-35 yang dimiliki CSAP.

Sepangang semester I, CSAP membukukan penjualan sebesar Rp 5,78 triliun atau naik 3,21% dibanding periode sama tahun lalu sebesar Rp 5,6 triliun. Laba bersih CSAP sebesar Rp 31,38 miliar, naikl 77,89% dari sebelumnya sebesar Rp 17,64 miliar pada periode semester I-2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Titis Nurdiana