Kulit Kendur? Ini 5 Makanan yang Ampuh Mengencangkan Kulit Wajah



MOMSMONEY.ID - Ini lho 5 makanan yang ampuh mengencangkan kulit wajah. Apa saja?

Seiring bertambahnya usia, kekuatan dan struktur kulit cenderung berubah. Akibatnya, kulit rentan mengendur dan jauh dari kata kencang.

Untungnya, ada beberapa makanan yang terbukti bisa membantu menjaga kekencangan kulit untuk menciptakan penampilan yang awet muda.


Melansir laman Glow+Greens, seorang ahli diet bernama Gaby Vaca-Flores membagikan daftar makanan yang memiliki kemampuan mengencangkan kulit, termasuk di area wajah.  Selengkapnya, berikut 5 makanan yang ampuh mengencangkan kulit wajah.

Baca Juga: Inilah Jenis Olahraga yang Dapat Menurunkan Kolesterol di Tubuh, Apa Saja?

1. Kaldu tulang

Makanan yang ampuh mengencangkan kulit wajah pertama adalah kaldu tulang. Kaldu tulang mengandung peptida kolagen yang sangat tinggi.

Peptida kolagen penting untuk produksi kolagen, yang mana seiring bertambahnya usia produksi kolagen cenderung melambat sehingga menyebabkan kulit terlihat kurang kencang.

Selain itu, peptida kolagen juga dapat bertindak sebagai antioksidan yang mampu menghilangkan radikal bebas penyebab penuaan dari sel-sel kulit. Plus, peptida kolagen bisa meningkatkan produksi hyaluronic acid yang bermanfaat untuk meningkatkan hidrasi kulit.

Penelitian terbaru menyoroti bahwa peptida kolagen lebih mudah diserap dan digunakan oleh tubuh dibandingkan dengan kolagen non-peptida.

2. Telur

Makanan yang ampuh mengencangkan kulit wajah kedua adalah telur. Telur adalah sumber protein yang bagus. Faktanya, 1 butir telur dapat menghasilkan 6 gram protein.

Protein berperan penting bagi struktur dan elastisitas kulit. Adapun struktur dan elasitisitas kulit merupakan dua faktor utama dalam hal mengencangkan kulit.

Dengan bantuan protein dalam telur, kulit akan lebih mudah untuk memperbaharui dan memperbaiki dirinya sendiri setiap 28 hari.

Kendati tidak semua protein diciptakan sama, namun protein yang dimiliki telur tergolong sempurna karena mengandung 9 asam amino esensial. Selain sebagai penyusun protein, asam amino juga penting untuk menjaga kekuatan dan struktur kulit yang sehat.

3. Tiram

Makanan yang ampuh mengencangkan kulit wajah ketiga adalah tiram.

Tiram termasuk salah satu makanan terbaik untuk mengencangkan kulit karena memiliki kandungan tembaga dan zinc yang tinggi.

Tembaga adalah mineral penting untuk mendukung penuaan kulit yang sehat dengan cara merangsang regenerasi sel kulit lapisan dermal, meningkatkan kolagen (tipe I, II, V) dan serat elastin, merangsang pembentukan fibril kolagen, membantu membuat protein kulit, serta berfungsi sebagai antioksidan.

Sementara itu, zinc bermanfaat untuk mendukung kesehatan kulit dengan membantu sel-sel kulit memproduksi keratin.

Baca Juga: 12 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan, Mari Intip Daftarnya!

4. Ubi jalar

Makanan yang ampuh mengencangkan kulit wajah keempat adalah ubi jalar.

Dalam hal mengencangkan kulit, ubi jalar mampu membantu dengan cara memberikan lebih dari 1.400 mikrogram vitamin A per porsi.

Vitamin A sendiri merupakan nutrisi yang biasa digunakan dalam produk dan suplemen anti-aging.

Vitamin A dikenal karena kemampuannya dalam membantu merangsang produksi keratin yang penting bagi pelindung atau protective barrier kulit.

5. Beri-berian

Makanan yang ampuh mengencangkan kulit wajah kelima adalah beri-berian.

Beri adalah salah satu buah pengencang kulit terbaik.

Buah beri khususnya yang berwarna gelap seperti blueberry dan raspberry dikemas dengan sekelompok senyawa antioksidan kaya manfaat yang disebut polifenol.

Polifenol sendiri dapat membantu melawan penuaan kulit dengan meningkatkan produksi kolagen dan mencegah kerusakan kolagen.

Itulah 5 makanan yang ampuh mengencangkan kulit wajah. Yuk, konsumsi rutin!

 

Selanjutnya: Ada Program Makanan Bergizi, Panca Budi Siap Dukung UMKM Lewat Kemasan Terjangkau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma