Kuota impor daging sapi semester II sebanyak 32.000 ton



JAKARTA. Pemerintah telah menetapkan kuota impor daging sapi untuk semester II tahun ini. Menteri Perdagangan, Marie Elka Pangestu mengungkapkan, kuota impor daging yang diizinkan mencapai 32.000 ton.

Menurutnya, pemerintah juga telah menetapkan kuota impor sapi bakalan periode triwulan III ini sebanyak 82.000 ekor. "Ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan daging menjelang puasa hingga akhir tahun nanti," kata Marie dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (19/7).

Marie bilang, penetapan kuota impor tentu tidak lantas menihilkan peran daging sapi lokal. Pemerintah tetap mengandalkan daging sapi lokal guna memenuhi kebutuhan nasional. Pemerintah juga akan terus berupaya untuk menjaga harga daging dan sapi bakalan lokal agar tidak menurun. "Kita akan awasi terus, jangan sampai harga daging lokal turun karena masuknya daging impor," jelas Marie.


Dengan kondisi seperti itu, Marie optimis pasokan daging sapi baik saat puasa maupun hingga akhir tahun akan aman. Selain itu, harga daging sapi juga diyakini akan tetap stabil meski permintaan melonjak saat puasa hingga Lebaran nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: