Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan? Ini Penyebab dan Cara Cek Wilayah yang Tersedia



KONTAN.CO.ID - Pahami penyebab kuota Lokal Tri tidak bisa digunakan. Layanan kuota memudahkan pengguna untuk memakai fitur internet.

Salah satu provider yang memiliki beragam jenis kuota adalah Tri di bawah naungan PT Indosat Ooredoo Hutchinson Tbk.

Nah, Tri memiliki layanan kuota lokal yang bisa dimanfaatkan pengguna dalam wilayah tertentu.


 Baca Juga: Panduan Cara Mengatasi SMS OTP Tidak Masuk ke Nomor HP

Kuota Lokal Tri

Adapun, Kuota Lokal Tri merupakan salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh provider Tri untuk memenuhi kebutuhan internet penggunanya.

Kuota ini dirancang khusus agar hanya dapat digunakan di wilayah tertentu sesuai lokasi aktivasi kartu atau pembelian paket data.

Dengan keberadaan kuota lokal, pengguna dapat menikmati layanan internet dengan tarif yang lebih terjangkau di area yang telah ditentukan.

Baca Juga: Hotspot Gagal Tersambung? Ini Cara Tethering di HP Android dan Solusinya

Namun, pemahaman tentang cara mendapatkan dan memanfaatkannya secara efektif sangat penting agar kuota ini tidak terbuang sia-sia.

Melansir dari laman Tri Indonesia, Kuota lokal dan kuota lokal plus hanya bisa digunakan untuk daerah tertentu yang telah ditentukan.

Saat lokasi kartu Tri pelanggan saat mengakses internet dengan produk HAPPY berada di daerah yang tidak sesuai, maka kuota lokal dan kuota lokal plus tidak digunakan

Baca Juga: Cara Membeli eSIM Indosat, Aktivasi, hingga Migrasi Kartu SIM Lama

Cara Mendapatkan Kuota Lokal Tri

Ada beberapa cara mendapatkan kuota lokal Tri berikut ini.

1. Beli Paket Data Tri

Kuota lokal biasanya termasuk dalam paket data Tri tertentu. Anda bisa membelinya melalui:

  • Aplikasi Bima+ dengan pembelian produk HAPPY tertentu di daerah yang telah ditentukan.
  • Menu USSD (*123#)

2. Perhatikan Wilayah Aktivasi

Saat mengaktifkan kartu atau paket data, kuota lokal akan disesuaikan dengan lokasi Anda saat itu. Misalnya, jika kartu diaktifkan di Surabaya, kuota lokal hanya bisa digunakan di wilayah tersebut.

Baca Juga: Pahami 8 Cara Mengatasi Masalah Aplikasi BRImo Keluar Sendiri

Penyebab Kuota Lokal Tri tidak bisa digunakan

1. Lokasi Tidak Sesuai

Nah, saat membeli nomor baru Tri, Anda tentu perlu mengetahui area penerbitan kartu tersebut. Hal ini nantinya berkaitan dengan penggunaan Kuota Tri.

Kuota lokal hanya aktif jika Anda berada di wilayah yang telah ditentukan. Jika Anda bepergian ke luar wilayah aktivasi, kuota ini tidak dapat digunakan.

2. Sinyal jaringan Tri di wilayah Anda stabil

Nah, saat terjadi masalah teknis pada kartu atau paket data Anda, hal ini dapat menjadi masalah bagi pengguna.

3. Pakai Aplikasi Bima+

Anda dapat memantau sisa kuota lokal melalui aplikasi Bima+ atau dengan mengetik *123# untuk mendapatkan informasi detail mengenai paket data.

Baca Juga: Cara Kirim Kuota Indosat ke Sesama dengan Fitur Aplikasi dan Kode USSD

Cara cek kuota lokal bisa digunakan atau tidak

Terakhir, Anda bisa mengecek apakah kuota lokal Anda bisa digunakan untuk wilayah tertentu.

  • Buka laman Bima Tri.
  • Login dengan nomor Tri Anda.
  • Klik bagian Kuota lokal atau langsung klik ini https://kuotalokal.tri.co.id/home.
  • Masukkan lokasi yang sedang Anda tuju.
  • Nantinya, sistem akan memberikan informasi terkait apakah kuota lokal Anda bisa digunakan atau tidak.
Itulah penjelasan terkait penyebab kuota Lokal Tri tidak bisa digunakan oleh pengguna.

Selanjutnya: Lewat Anak Usahanya, ESSA Rambah Bisnis Produksi Sustainable Aviation Fuel (SAF)

Menarik Dibaca: Solusi Hadapi Biaya Pendidikan, Allianz Life dan Bank QNB Hadirkan Solusi Keuangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News