Kurs Rupiah Stabil di Rp 15.597 per Dolar AS, Senin (19/12)



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah menguat tipis terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di awal pekan ini. Senin (19/12), kurs rupiah spot berada di Rp 15.597 per dolar AS, menguat tipis dari posisi akhir pekan lalu Rp 15.598 per dolar AS.

Rupiah yang cenderung stabil hari ini berada di tengah-tengah pergerakan mata uang Asia yang bervariasi. Won memimpin penguatan sementara baht melemah.

Investor menimbang kembali langkah kebijakan China setelah lonjakan kasus Covid belakangan. China melonggarkan lockdown untuk mengerek pertumbuhan ekonomi.


Sementara nilai tukar dolar AS melemah. Indeks dolar yang mencerminkan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama dunia melemah ke 104,28 dari posisi akhir pekan lalu 104,70.

Baca Juga: Jaga Rupiah dan Inflasi, Bunga Acuan Dikerek Lagi

"Dolar AS tertekan sepekan setelah pernyataan Gubernur Federal Reserve Jerome Powell yang hawkish," kata Mitul Kotecha, head of emerging-markets strategy TD Securities di Singapura kepada Bloomberg.

Kotecha menambahkan bahwa mata uang Asia cenderung menguat meski minat risiko berkurang setelah Powell menyebut bahwa kenaikan suku bunga akan berlanjut tahun depan.

Selain won, penguatan terhadap dolar AS juga terjadi pada yen Jepang, dolar Singapura, rupee India, peso Filipina, dolar Hong Kong, dan ruipah. Sementara baht melemah bersama dengan dolar Taiwan dan yuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati