Kurs Rupiah Tertekan Menghadapi Dolar AS, Kamis (10/10) Pagi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada Kamis (10/10) pagi. Pukul 9.15 WIB pagi ini, kurs rupiah berada di Rp 15.671 per dolar AS.

Rupiah melemah 0,26% jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan kemarin di Rp 15.630 per dolar AS. Rupiah melemah pada pagi ini setelah menguat dalam dua hari perdagangan berturut-turut.

Myrdal Gunarto, analis Maybank mengatakan bahwa rupiah dan obligasi negara diuntungkan oleh penurunan yield US Treasury dan pelemahan harga minyak di tengah penurunan tensi geopolitik.


"Obligasi Indonesia masih menarik bagi investor global karena selisih yield yang relatif lebar dan latar belakang fundamental ekonomi yang kuat," kata dia seperti dikutip Bloomberg.

Baca Juga: SRBI Bikin Likuiditas Perbankan Jadi Terbatas

Dalam sepekan terakhir, kurs rupiah masih melemah 1,57%.

Pelemahan rupiah pagi ini beriringan dengan pelemahan ringgit Malaysia, peso Filipina, won Korea, dan dolar Hong Kong. Sedangkan baht Thailand, yuan offshore, yen Jepang, yuan China, dan dolar Singapura menguat terhadap the greenback.

Di sisi sebaliknya, dolar AS melemah tipis pada pagi ini setelah kemarin melonjak. Indeks dolar pagi ini berada di 102,89, melemah 0,03%. Kemarin, indeks yang mencerminkan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama dunia ini menguat 0,4%.

Selanjutnya: Sebulan Harga Emas Antam Naik 5,29% (10 Oktober 2024), Cek Hari Ini

Menarik Dibaca: Promo 10.10 Alfamart Periode 10 Oktober 2024, Beli 1 Gratis 1 Nutella-Es Krim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati