Kusuma Kemindo Sentosa (KKES) Membidik Dana IPO Hingga Rp 58,5 Miliar



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Proses penawaran umum perdana saham alias initial public offering (IPO) PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk terus bergulir. Calon emiten yang nantinya menggunakan kode saham KKES ini sedang melangsungkan penawaran awal (bookbuilding) mulai 19 Juli sampai 27 Juli 2022.

KKES bakal melepas sebanyak-banyaknya 450 juta saham ke publik. Jumlah tersebut setara 27,27% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. KKES memasang harga penawaran dengan rentang Rp 100-Rp 130 per saham. Dengan begitu, KKES berpotensi memperoleh dana segar sebanyak-banyaknya Rp 58,5 miliar.

Dalam hajatan IPO ini, KKES menunjuk PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia sebagai underwriter. Kusuma Kemindo juga melaksanakan program employee stock allocation (ESA) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 2,5% dari jumlah yang ditawarkan dalam IPO atau sebanyak-banyaknya 11,25 juta saham.

Baca Juga: IPO Kusuma Kemindo Sentosa (KKES) Mulai Masuki Periode Bookbuilding

Merujuk prospektus, sekitar 30% dana IPO akan digunakan Kusuma Kemindo untuk biaya operasional seperti gaji, biaya angkut, biaya kantor, biaya penjualan dan lainnya. Sekitar 65% untuk pembelian barang dagangan, pelunasan hutang usaha kepada pemasok.

Sisanya, sekitar 5% akan digunakan untuk pengembangan sistem informasi dan teknologi termasuk digitalisasi sistem IT untuk sales, delivery, inventory dan logistik.

Asal tahu, perusahaan yang didirikan pada tahun 1990 ini merupakan entitas anak PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), emiten yang bergerak di bisnis distribusi bahan bangunan dan consumer goods, dan juga ritel modern bahan bangunan dan home improvement Mitra10.

Baca Juga: BEI Masih Mengantongi 37 Perusahaan Dalam Pipeline IPO

KKES aktif sebagai importir, stockist & distribusi bahan kimia commodity dan specialty, makanan, bahan kimia konstruksi dan bahan terkait. Kusuma Kemindo saat ini menjalankan usaha di bidang perdagangan besar bahan dan barang kimia dasar, perdagangan besar berbagai macam material bangunan dan perdagangan besar mesin, peralatan dan perlengkapan lainnya

KKES saat ini melayani penjualan lewat kantornya yang berlokasi di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. KKES melayani lebih dari 2.300 pelanggan dengan didukung oleh lebih dari 9 prinsipal yang memberikan keagenan tunggal, lebih dari 12 prinsipal yang telah menunjuk sebagai distributor resmi, serta lebih dari 15 prinsipal yang memberikan support supply selama ini. Saat ini KKES telah mendistribusikan lebih dari 1.000 produk.

KKES merencanakan ekspansi cabang baru di area Jawa Barat dan Jawa Tengah termasuk melakukan proses digitalisasi pada sales service and inventory control.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati