Laba Bersih BELL Naik 108% Kuartal1 2023 Berkat Pertumbuhan Permintaan Tekstil &Ritel



KONTAN.CO.ID - PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL), emiten penyedia kain, seragam, dan fashion berkualitas, meraih peningkatan laba bersih secara signifikan pada periode Januari-Maret 2023. Pada periode tersebut, Perseroan mencatatkan laba bersih sebesar Rp4,1 miliar, meningkat 108% YoY dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Sehubungan dengan perbaikan kemampuan belanja masyarakat pada kuartal 1 tahun ini yang tercermin dalam data ekonomi Indonesia yang tumbuh 5,03% YoY, penjualan BELL juga bertumbuh positif. Peningkatan permintaan produk tekstil dan ritel di pasar dalam negeri telah membantu BELL mencatatkan penjualan sebesar Rp111,4 miliar, meningkat 16% YoY. Sementara itu, beban pokok penjualan tercatat sebesar Rp 76,29 miliar, meningkat 16% dibandingkan Rp 65,77 miliar pada periode yang sama tahun 2022.

“Pertumbuhan pendapatan kami di 1Q23 merupakan bukti ketahanan bisnis kami dalam situasi industri tekstil di Indonesia yang masih kurang menguntungkan. Kami optimis dengan pertumbuhan penjualan di masa mendatang, dan kinerja keuangan kami mencerminkan hal tersebut. Untuk itu, kami akan terus mempertahankan disiplin biaya di tengah lingkungan ekonomi yang tidak stabil,” kata Direktur PT Trisula Textile Industries Tbk, Heru Jatmiko Harrianto.


Pada periode ini, penjualan domestik Perseroan tercatat sebesar Rp 105,8 miliar atau mencapai 95% dari total penjualan BELL, sementara penjualan ekspor sebesar Rp 5,6 miliar atau 5% dari total penjualan.

Segmen manufaktur memiliki kontribusi tertinggi terhadap kinerja Perseroan yaitu sebesar 37% terhadap total penjualan, atau meningkat sebesar 12,4% YoY di kuartal 1 2023 ini. Segmen distribusi juga mengalami peningkatan signifikan sebesar 27,6% YoY di periode ini dan memberikan kontribusi 30% terhadap total penjualan. Adapun segmen ritel mempertahankan pertumbuhan yang stabil, dengan kontribusi sebesar 22% terhadap total penjualan dan tumbuh sebesar 39,6% YoY.

Sementara penjualan segmen seragam memberikan kontribusi 11% terhadap total penjualan. Meski penjualan segmen ini belum kembali normal, Perseroan tetap optimis dengan potensi pertumbuhannya karena perusahaanperusahaan diperkirakan akan mengalokasikan anggaran untuk pembelian seragam tahun ini.

Tentang PT Trisula Textile Industries Tbk

PT Trisula Textile Industries Tbk (“Perseroan”) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri dan perdagangan tekstil yang berada di Kota Cimahi Jawa Barat. Perseroan memperkuat permodalan melalui penjualan saham kepada publik dan menjadi perusahaan terbuka pada tahun 2017 dengan kode emiten BELL. Produk utama Perseroan adalah kain atau fabric yang terbuat dari 100% polyester serta kombinasinya dengan rayon dan katun, yang telah dikenal di dalam dan luar negeri dengan berbagai merek antara lain Bellini dan Caterina.

Produk jadi Perseroan berupa kain dan seragam didistribusikan melalui jaringan distribusi Anak Perusahaan. Perseroan juga memiliki bisnis ritel pakaian jadi merek JOBB & Jack Nicklaus. Selain itu, saat ini Perseroan melakukan diversifikasi produk berupa Kain Sehat untuk jaket lipat, serta memperdagangkan APD baju hazmat dan masker non medis.

Sampai saat ini, Perseroan telah memiliki berbagai merek dagang untuk produk kain, pakaian jadi dan lain-lain. Kualitas atas setiap produk dan merek dagang ini terus dipertahankan bahkan ditingkatkan mutunya, sejalan dengan implementasi kegiatan usaha yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan.

Baca Juga: Dorong Ekspor, Trisula International (TRIS) Targetkan Penjualan Naik 5%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti