KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) mencatatkan laba bersih sebesar Rp115,3 miliar pada kuartal I-2024. Angka ini melonjak 92,5% dibandingkan laba konsolidasian periode yang sama tahun 2023 yang sebesar Rp 59,9 miliar. Peningkatan perolehan laba tersebut dapat diraih antara lain berkat perolehan penjualan konsolidasian CLEO pada kuartal I-2024 mencapai sebesar Rp626,5 miliar. Perolehan penjualan ini meningkat 38% dari kuartal yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 455,4 miliar. Pertumbuhan penjualan yang signifikan tersebut didukung oleh lebih dari 31 pabrik air minum milik Perseroan, yang menjadikan CLEO sebagai produsen AMDK dengan pabrik terbanyak di Indonesia.
Baca Juga: CLEO Bidik Pertumbuhan Double Digit di Kuartal II 2024 "Pencapaian ini sudah sesuai dengan arah kinerja yang kami harapkan, dimana Perusahaan selalu menargetkan pertumbuhan double digit setiap tahunnya baik untuk penjualan maupun laba bersih. Untuk mendukung hal itu, tahun 2024 ini CLEO kembali membuat rencana ekspansi agresif dalam mengembangkan pabrik dan titik distribusi," kata Melisa Patricia, Direktur Utama CLEO dalam rilisnya yang dikutip KONTAN, Selasa (7/5). Dengan menjadikan perluasan pabrik baru dan jaringan distribusi sebagai strategi utama, CLEO bermaksud untuk semakin mendekatkan diri kepada pelanggan sekaligus mengurangi biaya transportasi. Dalam hal ini, ekspansi diutamakan pada wilayah di luar Jawa dan Bali yang belum terjamah oleh layanan pemasaran CLEO. Terkait strategi ekspansi tersebut, Perseroan telah menyiapkan dana investasi sebesar Rp450 miliar, yang akan digunakan untuk penambahan pabrik baru di Palu, Pontianak dan Pekanbaru, pengembangan pabrik eksisting, penambahan mesin untuk meningkatkan kapasitas produksi dan otomasi, hingga perluasan jaringan distribusi.
CLEO Chart by TradingView