KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Trimegah Karya Pratama Tbk (
UVCR) alias Ultra Voucher berhasil mendongkrak perolehan laba ketika kinerja penjualan mengalami penurunan. UVCR mengantongi penjualan neto sebesar Rp 464,46 miliar hingga Juni 2023. Penjualan UVCR mengalami penurunan 29,38% dibandingkan periode Juni 2022 sebesar Rp 657,76 miliar. Menilik laporan keuangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), mayoritas pendapatan UVCR berasal dari segmen voucher belanja senilai Rp 460,09 miliar dalam enam bulan pertama 2023. Penjualan di segmen
voucher belanja UVCR merosot 29,94% secara tahunan (YoY). Sejalan dengan penjualan yang menurun, beban pokok penjualan UVCR ikut terpangkas sebanyak 31,49% (YoY) menjadi Rp 435,68 miliar.
Baca Juga: Melejit 113%, Laba Bersih Ultra Voucher (UVCR) Tembus Rp 11,88 Miliar Dengan hasil tersebut, UVCR bisa menjaga perolehan laba. Sampai dengan periode Juni 2023, UVCR membukukan laba kotor sebesar Rp 28,78 miliar. Meningkat 32,38% dibandingkan laba kotor yang diraih UVCR sebesar Rp 21,74 miliar per Juni 2022. UVCR pun mampu mengantongi laba neto tahun berjalan sebesar Rp 7,78 miliar dalam enam bulan pertama 2023. Melonjak 153,42% dibandingkan perolehan Rp 3,07 miliar pada periode yang sama tahun lalu. Direktur Trimegah Karya Pratama, Riky Boy Permata menyampaikan komitmen UVCR untuk menjaga profitabilitas dan kinerja perusahaan sejak melantai di BEI melalui
Initial Public Offering (IPO) pada Juli 2021.
"Pencapaian kami ini didukung berbagai inovasi yang dipercaya oleh para mitra, merchant dan partner serta memberikan value bagi seluruh pemangku kepentingan," kata Riky dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Senin (7/8).
Baca Juga: Usai Singapura, Trimegah Karya Pratama (UVCR) Ekspansi Ultra Voucher di Asia Tenggara Mengawali tahun 2023, UVCR telah meluncurkan versi terbaru dari aplikasi mobile dengan tampilan dan fitur yang dapat memudahkan pelanggan. UVCR berfokus pada produk unggulan seperti Ultra Voucher Gift Card (UVGC) yang saat ini bisa digunakan di lebih dari 30 merchant offline dan tersedia di seluruh e-commerce di Indonesia.
Editor: Noverius Laoli