KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Entitas usaha PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK), PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) masih mengalami tekanan. Pasalnya, pendapatan dana laba bersih SCMA kompak merosot di semester I-2023. Menilik laporan keuangan per 30 Juni 2023, pendapatan iklan SCMA turun 4,85% secara tahunan atawa Year on Year (YoY) menjadi Rp 3,13 triliun. Pada periode yang sama di 2022, pendapatan iklan SCMA mencapai Rp 3,29 triliun. Tak hanya itu, pendapatan lain-lain SCMA juga itu melorot sebesar 8,61% secara tahunan dari Rp 504,89 miliar di semester I-2022 menjadi Rp 461,40 miliar pada semester I-2023.
Baca Juga: Iklan Naik, Simak Rekomendasi Saham Surya Citra Media (SCMA) Seluruh pendapatan itu harus dikurangi oleh potongan penjualan sebesar Rp 563,08 miliar. Nilai itu lebih rendah 8,61% YoY dari Rp 635,20 miliar di semester I-2022. Walhasil, sepanjang periode Januari–Juni 2023, SMCA mengantongi pendapatan bersih senilai Rp 3,03 triliun. Raihan itu menyusut 4,14% secara tahunan dari Rp 3,16 triliun.
SCMA Chart by TradingView