Laju AUD di depan EUR tertopang komoditas



JAKARTA. Dollar Australia mendapat dukungan dari kenaikan harga komoditas. Akhirnya AUD mampu unjuk gigi di hadapan EUR.

Mengutip Bloomberg, Rabu (31/8) pukul 19.16 WIB, pasangan EUR/AUD tergerus 0,18% ke level 1,48111 dibanding sehari sebelumnya.

Agus Chandra, Research and Analyst PT Monex Investindio Futures menjelaskan, pergerakan EUR sebenarnya cukup stabil, tetapi akhirnya terseret AUD yang sedang menguat lantaran didukung rebound harga komoditas.


"Belum ada faktor lain yang mengangkat AUD. Pidato pejabat Bank Sentral Australia, Guy Debelle hanya membahas pasar mata uang tanpa menyinggung nilai tukar," ungkapnya.

Agus menduga laju EUR/AUD akan turut terpengaruh data dari AS. Jika data tenaga kerja AS membaik, maka mata uang USD berpeluang menguat sehingga menggerus harga komoditas. Imbasnya, AUD akan tertekan di depan EUR.

Di samping itu, pergerakan AUD pada Kamis (1/9) menanti data anggaran belanja sektor swasta Australia dengan prediksi naik ke minus 4% dari sebelumnya minus 5,2% serta data penjualan ritel yang diperkirakan naik menjadi 0,3% dari sebelumnya 0,1%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto