Laju Pertumbuhan Kredit Properti Melambat Pada September 2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perlambatan laju pertumbuhan kredit terjadi pada kredit di sektor properti. Bahkan, per September 2024, pertumbuhan kredit properti menjadi yang paling lambat sepanjang tahun ini berjalan.

Mengutip data uang beredar Bank Indonesia Selasa (22/10), kredit properti hanya tumbuh sekitar 7,6% secara tahunan (YoY) menjadi Rp 1.403,6 triliun. Tentu, pertumbuhan ini lebih lambat jika dibandingkan bulan sebelumnya yang mampu tumbuh 8% YoY.

Jika menilik secara historis, pertumbuhan kredit properti paling lambat terjadi di Maret 2024. Kala itu, kredit untuk sektor properti hanya tumbuh 7,7% YoY dengan nilai mencapai Rp 1.348,6 triliun.


Baca Juga: Kredit Menganggur Perbankan Kian Menumpuk, Ini Penyebabnya

Sejatinya, laju pertumbuhan kredit properti di bulan-bulan setelahnya mengalami tren kenaikan cukup kencang. Bahkan, pada Juli 2024, kredit properti mampu tumbuh hingga 9% YoY menjadi Rp 1.391,5 triliun.

Untuk September 2024, kredit properti paling kencang terjadi di segmen KPR dan KPA yang tumbuh hingga 10,8% YoY. Hanya saja, laju pertumbuhan tersebut pun mengalami perlambatan dari bulan sebelumnya yang mampu tumbuh 11,4% YoY.

Adapun, hanya sektor konstruksi saja yang mengalami percepatan laju pertumbuhan kredit di periode yang sama. Di mana, pertumbuhannya mencapai 1,2% YoY, dari bulan sebelumnya yang hanya tumbuh 0,6% YoY.

Selanjutnya: Pembuat Film Blade Runner 2049 Menggugat Elon Musk Terkait Gambar Robotaxi

Menarik Dibaca: Inilah Lirik Lagu Diet Pepsi Addison Rae dan Terjemahannya, Lengkap!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi