KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) gencar menggenjot penyaluran kreditnya melalui berbagai kanal, salah satunya kanal digital dengan aplikasi BTN Properti. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan masyarakat baik melalui aplikasi ponsel maupun
website untuk memberikan kemudahan dalam mencari hunian idamannya. Direktur IT & Digital, Andi Nirwoto mengatakan, kanal BTN Properti mendapatkan apresiasi yang besar dari masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan peminat KPR
online yang masuk dalam aplikasi BTN Properti semakin meningkat dan jumlah
developer yang bergabung dalam BTN Properti pun terus bertambah. Dalam catatan Bank BTN, posisi per Oktober 2022, sebanyak lebih dari 6.000
developer telah bergabung dengan BTN Properti for Developer.
“Setelah BTN Properti for Developer hadir pada Februari tahun 2022 ini,
developer mulai ramai-ramai bergabung dengan BTN Properti for Developer untuk merasakan kemudahan kemudahan di dalamnya,” kata Andi dalam pernyataan resmi pada Senin (21/11).
Baca Juga: Perbankan Raup Kontribusi Pendapatan dari Agen Laku Pandai Menurut Andi, besarnya antusias masyarakat yang mengunjungi BTN Properti membuat para banyak
developer mendaftarkan proyek perumahannya di kanal digital andalan perseroan tersebut. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan akuisisi
developer tahun 2022 yang melonjak lebih dari 360% secara YoY. Andi mengungkapkan, untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat, sejumlah fitur-fitur sedang disiapkan untuk menambah kelengkapan BTN Properti. Salah satunya mengintegrasikan BTN Properti dengan SiKasep, yaitu aplikasi milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Juga pengaplikasian
e-materai, serta
digital signature dalam pengajuan KPR di aplikasi BTN Properti. “Untuk pengembang, ke depannya kami juga siapkan layanan Kredit Komersial secara
online,” tegas Andi. Andi menuturkan, peningkatan fitur BTN Properti akan terus ditingkatkan, di antaranya fitur Digital Verification yang terintegrasi dengan Dukcapil. Dengan fitur ini bisa melakukan verifikasi secara langsung terhadap para pengunjung dan calon debitur Bank BTN. “Dengan adanya fitur Digital Verification tersebut, calon debitur dapat melakukan verifikasi diri secara mandiri sebelum mengajukan kredit melalui BTN Properti, dengan tujuan percepatan durasi proses pengajuan pinjaman nasabah,” jelasnya. Dalam fitur Digital Verification, lanjut Andi, juga terdapat fitur OCR yang mampu mengenali
data text pada fisik E-KTP dan secara otomatis akan mengisikan data tersebut pada system. Sehingga, dengan adanya Digital Verification BTN Properti ini dapat meningkatkan
experience nasabah serta memberikan kemudahan nasabah dalam pengajuan kredit KPR secara
online. Lebih lanjut Andi menerangkan, fitur lainnya yang menjadi andalan kanal digital perseroan yakni BTN Properti for Developer. Fitur ini memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah
developer dapat mengajukan KPR secara
online yang dapat dengan mudah diakses kapanpun dan dimanapun. “Selain itu,
developer juga dapat melakukan monitoring status pengajuan kredit dengan mudah, apakah masih dalam
draft, atau sudah
in progress, bahkan sudah
approved, booking ataupun
reject,” paparnya.
Baca Juga: Pelonggaran Restrukturisasi Kredit Akan Berakhir, Perbankan Terus Perkuat Pencadangan Andi menegaskan, platform BTN Properti for Developer saat ini telah dapat terintegerasi dengan beberapa mitra
developer serta pihak ketiga lainnya. Ia yakin melalui berbagai usaha Bank BTN terkait peningkatan fitur maupun layanan BTN Properti serta juga meluasnya kerja sama dengan berbagai pihak ketiga
"Maupun dengan
developer maka niscaya terdapat peningkatan jumlah KPR secara
online, dimana per Oktober ini jumlah realisasi kredit
online melalui BTN Properti mengalami peningkatan lebih dari 66% secara YoY,” kata Andi. Tidak hanya berhenti di BTN Properti, Bank BTN juga terus melakukan pengembangan pada aplikasi BTN Smart Residence. Aplikasi yang dirilis tahun 2021 silam ini, terus ditingkatkan fiturnya guna memanjakan dan memenuhi semua kebutuhan nasabah. Aplikasi BTN Smart Residence mempermudah hubungan antara penghuni, merchant atau
tenant dan pengelola dalam proses pembayaran berbagai tagihan/ iuran, IPL, parkir, pertukaran informasi sampai dengan keluhan atau pengaduan. “Kami saat ini mengupayakan integrasi BTN Smart Residence dengan sejumlah fitur misalnya layanan untuk rumah tangga seperti
daily cleaning, service AC,
service mesin cuci dan lain sebagainya, juga integrasi dengan
marketplace serta
e-wallet,” tutup Andi. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Tendi Mahadi