Lakukan Pendekatan Berbasis Value Investing, Panin AM Cetak Return Reksadana Positif



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Strategi pengelolaan portofolio berbasis value investing mendorong 3 produk reksadana saham Panin Asset Management (Panin AM) mencatatkan return optimal sepanjang setahun terakhir.

Adapun, terdapat 3 produk reksadana saham dari Panin Asset Management yang membukukan return tertinggi dalam setahun terakhir yakni reksadana saham dengan return tertinggi hingga 15 Desember 2022 adalah Panin Dana Ultima dengan kinerja 43,43%.

Menyusul di belakangnya adalah Panin Dana Maksima dengan return 32,57% dan Panin Dana Teladan yang mencatatkan kinerja positif 25,38%.


Baca Juga: Simak Strategi Investasi Tamlikho, Direktur Pradiksi Gunatama

Kinerja ketiga produk tersebut mengalahkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang naik 3,51%.

Direktur Panin Asset Management Rudiyanto mengatakan, pengelolaan reksadana saham Panin AM dilakukan dengan menggunakan pendekatan aktif berbasis value investing. Pendekatan tersebut menekankan fokus dengan membeli saham–saham bagus pada harga yang murah.

Ia memaparkan, dalam pemilihan saham Panin AM melakukan analisa secara mendalam dari seluruh sisi. Selain itu, Panin AM juga mencermati tren pelemahan yang dapat menjadi kesempatan untuk mendapatkan saham menarik pada harga yang lebih murah.

Tidak semua, Panin AM juga melakukan pendekatan berbasis growth dan indeks.

Baca Juga: CIMB Niaga Syariah Raih Best Islamic Retail Bank for Priority Banking 2022

"Kami menyadari bahwa strategi value tidak mungkin bisa unggul setiap tahun sehingga ada juga reksadana yg menggunakan strategi growth dan indeks," ujarnya kepada Kontan.co.id, Jumat (16/12).

Berdasarkan informasi pada laman resmi perusahaan, hingga 30 November 2022 produk Panin Dana Ultima mayoritas diisi oleh saham perbankan seperti BBCA, BBNI, dan BBRI

 
BBCA Chart by TradingView

Selain itu, sektor saham seperti energi juga masuk dalam portofolio produk ini seperti ADRO, PTBA dan BUMI. Kemudian, produk ini juga diisi saham–saham properti dan keuangan non bank seperti SMRA dan ADMF.

Sementara itu, 10 besar saham dengan investasi terbesar pada Panin Dana Maksima adalah ADRO, ADMF, BMRI, PNBN, BBRI, BUMI, DLTA, PNLF, PANS, dan Deutsche Bank AG.

Editor: Noverius Laoli