KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri alas sepatu di Indonesia mengalami tekanan dalam beberapa tahun terakhir. Meningkatnya biaya produksi menjadi salah satu penyebab bayak pemain di industri ini gulung tikar. Sementara di sisi lain persaingan tinggi. Di tengah kondisi tersebut, banyak pemain alas kaki yang tutup pabrik. Tapi, banian juga pemain yang berhasil bertahan dan mencetak pertumbuhan. Mereka yang sukses bertahan tak lepas dari inovasi yang terus digencarkan. Eagle, merek sepatu lokal yang sudah cukup lama dikenal di Tanah Air juga terpengaruh dari perlambatan industri alas kaki. Penjualan perusahaan mengalami penyusutan.
Head of Brand & Marcom Eagle, Aulya Elyasa, mengatakan dalam setahun terakhir kondisi penjualan perusahaan memang ikut mengalami penurunan kurang dari 10%. Melihat kondisi itu, Eagle tak tinggal diam. Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1986 mencoba intropeksi diri dan melakukan inovasi baru menghadapi perkembangan tren mode. “Eagle resmi mengubah citra diri (rebranding) agar terus relevan dengan mengenalkan identitas, logo, teknologi, serta kategori produk baru,” kata Presiden Direktur Eagle, JM.You, dålam keterangannya, Selasa (3/11).
Baca Juga: Aspek Soroti Gelombang PHK, Mirah Sumirat Usulkan Langkah Proteksi Industri Lokal Citra baru tersebut hadir untuk merespon pengubahan minat pasar terhadap munculnya tren sportstyle di kalangan urban community. Sportsyle atau gabungan kata sport dan lifestyle merupakan tren gaya hidup mengoneksikan aktivitas lifestyle nan versatile dan olahraga sehingga secara fungsi dapat digunakan pada berbagai kegiatan, mulai dari bekerja, hangout, casual, aktivitas luar ruangan, dan olahraga. Identitas baru Eagle tampil lebih segar dengan mengusung semangat juang tinggi meski di kondisi ekstrem untuk mencapai kesuksesan, menyukai tantangan baru, dan berdedikasi tinggi pada passion. “Logo terbaru kami merupakan pengembangan dari Cakar Elang karena terkenal kuat dan tajam. Desain logo kami kini lebih elegan dan fresh, merupakan cerminan dari visi dan misi Eagle terbaru sebagai produk untuk memperkuat individu dan menyebarkan kekuatan optimisme,” kata JM.You Dengan tema Eagle Rebord: New Eagle for Nation, jenama berlogo burung Elang tersebut berharap spirit terbarunya dapat memberi dampak nyata bagi tiap-tiap individudalam mengejar cita-cita tanpa batas agar dapat memberikan sumbangsih bagi bangsa.
Baca Juga: Sepatu Bata (BATA) Fokus pada Efisiensi untuk Kembali Cetak Untung di Tahun 2025 Selain itu, identitas baru memberikan oase tersendiri di tengah melesatnya industri footwear Tanah Air. “Situasi bermunculan merek sepatu lokal membuat ekosistem footwear semakin menarik sekaligus menjadi tantangan tersendiri. Pertarungan harga, desain, dan kualitas menjadi begitu menantang. Tapi, kami tetap optimistis bisa menjawab tantangan tersebut dan tetap menjadi jenama terbaik di Indonesia untuk produk Sport & Lifestyle,” kata Head of Brand & Marcom Eagle Aulya Elyasa. Ia bilang, Eagle berkomitmen untuk terus menjadi ‘Sahabat Indonesia’ paling unggul ditegaskan melalui inovasi di produk dengan penerapan teknologi terbaru LEAP. Fitur Ultra Leap Tech di bagian outsole tersebut dirancang memberikan energi dari setiap gerakan penggunanya. Perpaduan fleksibilitas dan kekuatan, teknologi itu membuat pergerakan pengguna sepatu Eagle menjadi lebih ringan dan dinamis. Penerapan teknologi terbaru LEAP didorong pula dari perubahan minat pasar terhadap gaya hidup Sportstyle, penggabungan sporty dan lifestyle. Sportstyle berarti tren gaya hidup aneka fungsi untuk berbagai kegiatan, mulai dari work, hangout, casual, aktivitas luar ruangan, dan olahraga. “Sekarang banyak orang butuh hal compact dan multifungsi untuk kegiatan sehari-hari, termasuk footwear. Sepasang sepatu dengan desain dinamis, on point, tetapi punya fitur-fitur ergonomis jadi incaran, karena bisa dipakai untuk kerja, meeting, hangout, dan olahraga. Dan, seri Eagle cocok banget untuk kebutuhan seperti itu,” kata Head of Product & Design Eagle Budisono. Fitur Ultra Leap Tech digadang memiliki performa yang jauh lebih baik disbanding produk terdahulu, seperti Sepatu Badminton PNR Prime, Shard, dan Zephyr serta Oddessy, dan running shoes andalan Shadow Run. Eagle memiliki perhatian terhadap perkembangan olahraga di Tanah Air sebagai upaya meningkat citra. Perusahaan ini menjadi partner untuk PB Bulutangkis seperti Pelatprov Jatim, PB Victory, dan SOINA serta pada 2023 turut mendukung kegiatan Jambore Internasional dan Olympiade SOINA di Jerman dan membawa pulang lebih dari 5 emas.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Dina Hutauruk