Mengenal Larry Ellison yang Kekayaannya Melesat dalam Beberapa Bulan Terakhir



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA.  Kekayaan  Larry Ellison meningkat signifikan dalam beberapa bulan terakhir dan sempat menempatkannya di urutan lima besar terkaya dunia. Ellison berhasil mengumpulkan kekayaan yang luar biasa besar berkat kenaikan harga saham perusahaannya.

Pada awal September, Ellison masih berada di peringkat kelima dalam daftar orang terkaya. Namun, lonjakan harga saham Oracle membuat kekayaannya meningkat drastis, seperi dilansir dari AS.com, Senin (30/9).

Pada 10 September, saham Oracle mencapai harga tertinggi sepanjang masa, mengangkat kekayaan Ellison menjadi US$ 202,8 miliar  atau sekitar Rp 3.064 triliun (kurs Rp 15.110).


Baca Juga: Bernard Arnault Geser Mark Zuckerberg Jadi Orang Terkaya Ketiga di Dunia

Ellison lahir di Bronx, New York, dan sejak kecil menghadapi masalah kesehatan yang membuatnya pindah ke Chicago untuk tinggal bersama bibinya, yang kemudian mengadopsinya. 

Ellison sempat kuliah di University of Illinois dan University of Chicago, tetapi tidak menyelesaikan studinya di kedua universitas tersebut.

Setelah itu, Ellison pindah ke California dan memulai karier sebagai pemrogram komputer. Pada tahun 1977, ia mendirikan Software Development Laboratories bersama dua rekannya. 

Perusahaan ini kemudian berubah nama menjadi Oracle Systems Corp pada tahun 1982. Seiring berkembangnya industri komputer, Oracle menjadi salah satu pemain utama.

Baca Juga: Larry Ellison Jadi Orang Terkaya ke-3 Dunia, Hartanya Tembus Rp 2.956 Triliun

Perjalanan Oracle menuju kesuksesan tidak selalu mulus. Pada tahun 1990, perusahaan kehilangan US$ 36 juta dalam satu bulan, tetapi Ellison berhasil mengatasinya. 

Setelah hampir empat dekade menjabat sebagai CEO, Ellison mundur pada tahun 2014 dan beralih menjadi ketua serta kepala teknologi, meski ia masih memegang kurang dari setengah saham perusahaan. Selain itu, Ellison juga pernah menjadi anggota dewan direksi Tesla dari 2018 hingga 2022.

Didirikan pada tahun 1977, Oracle cepat menjadi pemimpin dalam industri manajemen basis data. Dengan perangkat lunak basis data relasional yang inovatif, Oracle mengubah cara perusahaan menyimpan, mengambil, dan mengelola data dalam jumlah besar. 

Selain itu, Oracle juga merambah ke solusi cloud, perangkat lunak perusahaan, dan alat pengalaman pelanggan. Produk unggulannya, Oracle Database, telah menjadi fondasi manajemen data modern di berbagai industri.

Baca Juga: Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia, Kekayaannya Bahkan Melampaui PDB Banyak Negara

Selama bertahun-tahun, Oracle memperluas portofolionya melalui akuisisi besar seperti Sun Microsystems. Saat ini, fokus utama Oracle adalah solusi cloud melalui Oracle Cloud Infrastructure (OCI) dan Oracle Fusion Applications. 

Pengaruh Oracle merambah ke berbagai sektor, termasuk keuangan, kesehatan, ritel, dan pemerintahan. Visi Ellison telah menempatkan Oracle sebagai kekuatan dominan dalam komputasi awan dan perangkat lunak perusahaan, membentuk masa depan transformasi digital global.

Anak-anak Ellison juga berhasil mengumpulkan kekayaan yang signifikan. Putranya, David Ellison, adalah pemilik Skydance Media, sebuah perusahaan produksi film, dan baru-baru ini mencapai kesepakatan dengan Paramount untuk membentuk New Paramount, di mana ia akan menjabat sebagai CEO. 

Baca Juga: 6 Cara Efektif Mengatasi Kegagalan ala Robert Kiyosaki

Sementara itu, putrinya, Megan Ellison, adalah produser di Annapurna Pictures, yang dikenal dengan film-film berkualitas dan telah mendapatkan beberapa nominasi Oscar.

Selanjutnya: Apa yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi? Salah Satunya Kurang Gerak

Menarik Dibaca: Promo McD Happy Meal Oktober 2024, Berhadiah Mainan Sepatu Sandal Crocs

Editor: Noverius Laoli