Lautan Luas (LTLS) Segera Lunasi Obligasi Rp 315 Miliar



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Lautan Luas Tbk (LTLS) akan melunasi surat utang atau obligasi yang segera jatuh tempo. Adapun Pefindo memberikan peringkat idA untuk Obligasi Berkelanjutan III Tahap II Tahun 2021 Seri A senilai Rp 315 miliar yang jatuh tempo pada 12 November 2024.

Investor Relation LTLS Eurike Hadijaya mengatakan perusahaan berencana melunasi surat utang yang akan jatuh tempo tersebut menggunakan kombinasi dana internal dan dana eksternal.

Maklum, hingga akhir Juni 2024 LTLS memiliki posisi kas sebesar Rp 277,6 miliar. Yang jelas, Eurike menegaskan, pelunasan obligasi tidak memiliki dampak negatif terhadap kegiatan operasional.


"Pelunasan obligasi tidak memiliki dampak negatif terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perusahaan dan selanjutnya akan memberikan dampak positif pada kondisi keuangan perusahaan di masa mendatang," ujarnya dalam keterangan pers, Rabu (16/10).

Hingga semester I 2024, Eurike menuturkan, total aset LTLS mencapai Rp 5,81 triliun. Selain itu Lautan Luas mempunyai rasio net debt to equity 0,24 dan Net debt to ebitda 1,07.

Baca Juga: Lautan Luas (LTLS) Optimistis Capai Target Akhir Tahun, Ini Faktor Pendorongnya

Selama semester I 2024, LTLS mencatatkan pendapatan sebesar Rp 3,70 triliun. Angka itu tumbuh 5,8% dari periode sama tahun sebelumnya sebesar Rp 3,50 triliun.

"Hampir 90% dari total pendapatan kami merupakan penjualan di Indonesia, terutama kepada pelanggan B2B di industri makanan dan minuman, pakan hewan, dan perawatan pribadi & rumah," terang Eurike.

Beriringan, LTLS membukukan kenaikan laba bersih 166% menjadi Rp 136,56 miliar di semester I 2024.

Saat ini, LTLS akan tetap berfokus memperkuat bisnis utamanya untuk sektor makanan-minuman dan personal home care. Selain itu, LTLS juga turut memperkuat bisnis pengolahan air bersih, berhubung perusahaan tersebut memproduksi sejumlah bahan kimia untuk keperluan pengolahan air minum dan air limbah.

Eurike juga menegaskan setiap langkah pengembangan bisnis dan program yang dilakukan akan senantiasa mengacu pada strategi keberlanjutan. LTLS berkomitmen untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam seluruh operasi perusahaan, dari inovasi produk hingga proses operasional.

Ini memastikan bahwa pertumbuhan yang dicapai tidak hanya memberikan manfaat bagi perusahaan dan pemangku kepentingan, tetapi juga berdampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat luas.

"Dengan pendekatan ini, kami yakin bahwa Lautan Luas dapat terus memberikan kontribusi yang berarti bagi masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan," kata Eurike.

 
LTLS Chart by TradingView

Selanjutnya: Cara Cek Spesifikasi Laptop dengan Cepat dan Mudah, Pemula Bisa Mencoba Sendiri

Menarik Dibaca: Cuaca Besok (17/10) di Jawa Tengah Cerah hingga Berawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat