Layanan Bisnis Supply Chain, TransTRACK Meraih Penghargaan



MOMSMONEY.ID - TransTRACK, startup teknologi (tech enabler) yang berfokus pada digitalisasi operasional armada kendaraan melalui solusi fleet operation optimizer dan supply chain integrator berbasis teknologi Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI), mendapat penghargaan Logistics Platform of the Year di acara The 3rd Seminar on Economic & Business Outlook 2025 yang diselenggarakan Supply Chain Indonesia.

Penghargaan diberikan atas inovasi dan kontribusi TransTRACK dalam mentransformasi industri logistik, termasuk supply chain, melalui teknologi canggih. “Kami sangat bangga menerima penghargaan ini, yang menjadi bukti komitmen kami dalam menghadirkan solusi logistik yang lebih efisien, transparan, dan berbasis teknologi. Apresiasi ini juga menunjukkan bahwa inovasi kami telah memberikan dampak signifikan bagi para pelanggan,” ujar Anggia Meisesari, Founder & CEO TransTRACK dalam keterangan tertulis, Jumat (11/10). 

Selama ini TransTRACK telah memberikan solusi untuk mengoptimalkan rute dan mengurangi waktu idle sebesar 20-30% penggunaan bahan bakar dapat diminimalkan, yang secara langsung berdampak pada penurunan emisi CO2. Manajemen efisiensi energi juga menjadi lebih baik, karena data pemakaian bahan bakar yang diperoleh secara real-time memungkinkan perusahaan untuk merencanakan penggunaan energi dengan lebih baik, mengidentifikasi pola pemakaian, dan menerapkan strategi yang mengurangi konsumsi energi. 


Baca Juga: TransTrack Technology Summit Wadah Diskusi Transformasi Industri Transportasi

Di samping itu, sistem telematika membantu menjaga kondisi kendaraan agar tetap prima dengan mendeteksi dini masalah mekanis. Dengan pemantauan kinerja kendaraan secara berkelanjutan, TransTRACK dapat mencegah kerusakan yang lebih serius dan memperpanjang usia kendaraan, sehingga mengurangi biaya pemeliharaan dan meningkatkan efisiensi operasional. 

Dengan penerapan teknologi ini, TransTRACK tidak hanya meningkatkan efisiensi dan produktivitas, tetapi juga berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan dan pengelolaan sumber daya yang lebih baik dalam industri logistik.

“Industri logistik di Indonesia menghadapi tantangan kompleks, mulai dari medan jalanan hingga infrastruktur dan teknologi pendukung yang belum optimal. Namun, kami melihat ini sebagai peluang untuk terus mengembangkan inovasi yang dapat mendukung perkembangan industri logistik dan supply chain di Indonesia,” tambah Anggia.

TransTRACK berkomitmen untuk terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi mutakhir seperti AI dan big data, yang memungkinkan solusi operasional armada dan rantai pasok menjadi lebih presisi dan berbasis data. Melalui pendekatan ini, TransTRACK berusaha memimpin transformasi digital logistik yang adaptif terhadap kebutuhan industri yang terus berkembang.

Penghargaan Logistics Platform of the Year ini memperkuat posisi TransTRACK sebagai pionir dalam solusi logistik digital yang memberikan kontribusi nyata bagi dunia usaha dan pertumbuhan ekonomi. "Kami tidak hanya fokus pada efisiensi operasional, tetapi juga pada menciptakan solusi yang dapat beradaptasi dengan perubahan industri dengan cepat. Inovasi adalah inti dari semua yang kami lakukan, dan kami akan terus mendorong batasan untuk memberikan nilai terbaik bagi pelanggan kami," ujar Anggia.

Dengan visi ini, TransTRACK optimis untuk memperluas dampak positifnya di sektor logistik, menjadi mitra strategis bagi perusahaan yang ingin bertransformasi menuju digitalisasi yang lebih efisien.

 

Selanjutnya: 78% Milennial dan Gen Z Adopsi Fintech, Layanan Buy Now Pay Later Kian Mendominasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Danielisa Putriadita