Layanan BlackBerry Messenger berangsur pulih



JAKARTA. Layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) mengalami gangguan Minggu (12/5) malam. Namun pada Senin (13/5) dini hari, layanan BBM berangsur kembali normal.

Operator seluler di Indonesia menegaskan, gangguan bukan berasal dari jaringan mereka. "Gangguan dari BlackBerry. Tapi pagi ini sudah mulai normal," kata Henry Wijayanto, Manager Public Relations Corporate Communications XL Axiata, dalam pesan singkatnya kepada KompasTekno.

Hal senada diungkapkan Head of Corporate Communications Axis Anita Avianty. Pihak Axis menerima notifikasi adanya gangguan layanan BBM dari BlackBerry sekitar pukul 20.00 hari Minggu. "Dini hari sekitar pukul 03.00 WIB kami mendapat info problem sudah resolved," jelas Anita.


Sementara layanan BBM kemarin ngadat, pengguna masih bisa berselancar internet dan mengirim email dari ponsel BlackBerry. Bukan hanya Indonesia, gangguan BBM kali ini juga terjadi di beberapa negara kawasan Asia Pasifik, antara lain Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Thailand, Hong Kong, India dan Australia.

KompasTekno sudah menghubungi pihak BlackBerry Indonesia, namun belum mendapat keterangan resmi penyebab gangguan ini. Peristiwa gangguan pada layanan BlackBerry kali ini merupakan yang pertama di tahun 2013.

Sepanjang 2012 lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat layanan BlackBerry mengalami gangguan sebanyak 3 kali di Indonesia. Gangguan pertama tahun 2012 terjadi pada layanan email BlackBerry di akhir Maret 2012.

Kemudian pada 15 Agustus 2012, layanan email BlackBerry kembali mengalami gangguan. Ketiga, giliran pesan instan BlackBerry Messenger yang terganggu pada 2 Oktober 2012. (Aditya Panji/Kompas.com) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri