Layanan BSI Beberapa Hari Terganggu, Erick Thohir Sebut Ada Serangan Siber



KONTAN.CO.ID - MANGGARAI BARAT. Layanan mobile banking dan ATM PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengalami gangguan beberapa hari. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui adanya serangan siber terhadap sistem BSI.

Serangan itu yang membuat layanan bank syariah berpelat merah tersebut eror.

Layanan BSI mulai dari ATM, mobile banking, hingga transaksi di teller kantor cabang mengalami gangguan sejak Senin (8/5/2023) hingga hari ini Rabu (10/5/2023), dan belum sepenuhnya pulih.


"Ada serangan, saya bukan ahlinya, tapi disebutin three point apalah itu, sehingga mereka (BSI) down hampir satu hari kalau tidak salah," ujarnya saat ditemui di sela-sela KTT ASEAN di Manggarai Barat, Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023).

Baca Juga: BSI Respons Viral Keluhan Nasabah Soal M-Banking Error

Erick tidak menjelaskan secara rinci terkait serangan apa yang terjadi pada sistem BSI. Ia hanya menekankan, memang ada laporan kepada dirinya terkait layanan BSI yang terganggu akibat serangan siber. "Laporannya seperti itu. Kemarin saya sudah cek dengan tim kami, memang ada serangan seperti itu," imbuhnya.

Erick mengaku, terus memantau perkembangan terkait gangguan layanan BSI. Ia bilang, Direktur Utama BSI Hery Gunardi juga turun langsung untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Upaya perbaikan yang dilakukan tim BSI pun telah membuat jaringan ATM sudah pulih kembali sejak Selasa (9/5/2023) pagi.

Nasabah BSI sudah melakukan layanan ATM melalui jaringan ATM Bersama, Jalin, PRIMA, Mandiri H2H, dan Visa.

"Saya pantau ini, Pak Dirut dan timnya juga ada di sana, dan terbukti kemarin pagi sistem ATM-nya mulai jalan," kata dia.

Baca Juga: Mobile Banking BSI Error Jadi Viral, Begini Respons Manajemen BRIS

Penulis : Yohana Artha Uly Editor : Erlangga Djumena

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Layanan BSI "Error", Erick Thohir Akui Ada Serangan Siber".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat