KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Layanan data menjadi kontributor utama atas pendapatan emiten-emiten telekomunikasi. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM, anggota indeks Kompas100) misalnya, per kuartal I-2019 mencatatkan pendapatan dari bisnis digital (connectivity broadband dan layanan digital) sebesar Rp 23,83 triliun. Angka ini berkontribusi 68,4% terhadap total pendapatan perusahaan. Pendapatan dari bisnis digital ini meningkat 26,2% secara tahunan. Per kuartal I-2018, TLKM mencatatkan pendapatan dari bisnis digital adalah sebesar Rp 17,58 triliun. Besaran tersebut berkontribusi 54,4% terhadap total pendapatan TLKM yang sebesar Rp 32,34 triliun. VP Corporate Communication TLKM Arif Prabowo mengatakan, peningkatan pendapatan dari layanan data ini didorong oleh peningkatan trafik data dan jumlah pelanggan. “Pelanggan beralih dari mengonsumsi teks, ke image, kemudian video. Dengan begitu, konsumsi bandwidth-nya turut meningkat,” kata dia saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (8/5).
Layanan data sumbang 68,4% pendapatan Telkom (TLKM) per kuartal I 2019
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Layanan data menjadi kontributor utama atas pendapatan emiten-emiten telekomunikasi. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM, anggota indeks Kompas100) misalnya, per kuartal I-2019 mencatatkan pendapatan dari bisnis digital (connectivity broadband dan layanan digital) sebesar Rp 23,83 triliun. Angka ini berkontribusi 68,4% terhadap total pendapatan perusahaan. Pendapatan dari bisnis digital ini meningkat 26,2% secara tahunan. Per kuartal I-2018, TLKM mencatatkan pendapatan dari bisnis digital adalah sebesar Rp 17,58 triliun. Besaran tersebut berkontribusi 54,4% terhadap total pendapatan TLKM yang sebesar Rp 32,34 triliun. VP Corporate Communication TLKM Arif Prabowo mengatakan, peningkatan pendapatan dari layanan data ini didorong oleh peningkatan trafik data dan jumlah pelanggan. “Pelanggan beralih dari mengonsumsi teks, ke image, kemudian video. Dengan begitu, konsumsi bandwidth-nya turut meningkat,” kata dia saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (8/5).