Layanan JRC di Bekasi Diluncurkan, Ini Rute dan Tarifnya



MOMSMONEY.ID - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan membuka layanan Jabodetabek Residence Connexion atau JRC di Bekasi untuk dua rute yang melintasi Kota Bekasi serta Kabupaten Bekasi.

Layanan JRC ini merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat yakni BPTJ, pemerintah daerah yaitu Dinas Perhubungan Kota Bekasi dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, pengembang pemukiman PT Hasana Damai Putra, serta operator bus PT Sinar Jaya Megah Langgeng.

Sekretaris BPTJ Dedy Cahyadi mengatakan, kolaborasi antara pemerintah dan swasta diharapkan dapat meningkatkan modal share penggunaan angkutan umum massal.


"Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek, di mana salah satu indikator kinerja utama adalah pergerakan orang dengan angkutan umum mencapai 60% di tahun 2029," jelas Dedy dalam keterangan tertulis, Selasa (7/9).

Rute JRC Bekasi pertama melayani perumahan Harapan Indah menuju Stasiun MRT Blok M, dan rute kedua melayani Harapan Indah menuju Pasar Baru.

Baca Juga: DAMRI dan MRT Jakarta Lakukan Kolaborasi Hadirkan Layanan Transportasi Terintegrasi

Jumlah armada yang akan beroperasi untuk kedua rute tersebut masing-masing berjumlah tiga unit.

Titik pemberhentian dari Harapan Indah menuju Stasiun MRT Blok M adalah Pasar Modern Kota Harapan Indah, Sayana, Halte Harmoni, Asera, RS Citra Harapan, Bundaran Senayan, dan berakhir di Blok M.

Sementara pemberhentian dari Harapan Indah menuju Pasar Baru adalah Pasar Modern Kota Harapan Indah, Sayana, Halte Harmoni, Asera, RS. Citra Harapan, Cempaka Putih, Atrium Senen, Stasiun Gambir, dan berakhir di Pasar Baru.

Lalu, tarif untuk kedua rute tersebut sebesar Rp 25.000 dengan sistem pembayaran tunai. Estimasi perjalanan dari Harapan Indah menuju Stasiun MRT Blok M adalah 1 jam 6 menit, sementara dari Harapan Indah menuju Pasar Baru 49 menit.

JRC Bekasi sudah mengacu Standar Pelayanan Minimal, yaitu memiliki fasilitas pendingin ruangan (AC), standar dudukan yang mudah untuk disesuaikan, serta setiap pengguna satu kursi atau tidak diperbolehkan untuk berdiri. 

Baca Juga: DAMRI Luncurkan Bus Trans Sulawesi Selatan, Ini Rutenya

Kemudian, memiliki charging board atau USB port untuk HP serta kapasitas tempat duduk yang mencapai 43 seat dengan menghadap ke depan.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi Reza Nur Alam mengharapkan, dengan hadirnya layanan ini, dapat diterima baik oleh masyarakat dan memberikan manfaat bagi semua pengguna.

"Layanan baru ini tidak hanya menjadi layanan umum transportasi bagi masyarakat tetapi juga merupakan langkah penting untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah serta mendukung mobilitas yang telah efisien dan nyaman," ujar Reza.

Hadirnya layanan baru ini juga diharapkan dapat menjadi nilai tambah di kawasan yang akan dikembangkan.

JRCmerupakan layanan angkutan yang disediakan oleh BPTJ sejak tahun 2017 yang menghubungkan pusat-pusat permukiman atau perumahan di Bodetabek menuju pusat bisnis dan aktivitas di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Lidya Yuniartha