Sistem layanan rumahsakit kita seyogianya lebih mengedepankan sisi kemanusiaan ketimbang bisnis. Bila ini diterapkan, kejadian meninggalnya pasien akibat kesulitan memenuhi prosedur finansial rumahsakit tidak terus kembali berulang. Kita semua pasti prihatin dengan apa yang menimpa pasangan Rudianto Simanjorang dan Henny Silalahi. Sebagaimana ramai diberitakan media beberapa waktu lalu, lantaran tidak mampu membayar seluruh uang muka yang diminta rumahsakit guna mendapatkan layanan pediatrics intensive care unit (PICU), keduanya terpaksa kehilangan buah hati tercinta mereka, Tiara Debora yang berusia empat bulan. Tragedi yang menimpa Rudianto Simanjorang dan Henny Silalahi ini bukan yang pertama kali terjadi di negeri ini. Kasus-kasus serupa sudah berulang kali terjadi. Dan seperti kasus-kasus sejenis lainnya, pihak rumahsakit biasanya langsung ngeles dengan menjalankan strategi kehumasan korporasi. Yang intinya menyatakan bahwa rumahsakit telah menjalankan sistem operasional prosedur standar dan sudah melakukan tindakan medis terbaik, sehingga tidak layak dipersalahkan terhadap kejadian tersebut.
Layanan kesehatan yang tidak diskriminatif
Sistem layanan rumahsakit kita seyogianya lebih mengedepankan sisi kemanusiaan ketimbang bisnis. Bila ini diterapkan, kejadian meninggalnya pasien akibat kesulitan memenuhi prosedur finansial rumahsakit tidak terus kembali berulang. Kita semua pasti prihatin dengan apa yang menimpa pasangan Rudianto Simanjorang dan Henny Silalahi. Sebagaimana ramai diberitakan media beberapa waktu lalu, lantaran tidak mampu membayar seluruh uang muka yang diminta rumahsakit guna mendapatkan layanan pediatrics intensive care unit (PICU), keduanya terpaksa kehilangan buah hati tercinta mereka, Tiara Debora yang berusia empat bulan. Tragedi yang menimpa Rudianto Simanjorang dan Henny Silalahi ini bukan yang pertama kali terjadi di negeri ini. Kasus-kasus serupa sudah berulang kali terjadi. Dan seperti kasus-kasus sejenis lainnya, pihak rumahsakit biasanya langsung ngeles dengan menjalankan strategi kehumasan korporasi. Yang intinya menyatakan bahwa rumahsakit telah menjalankan sistem operasional prosedur standar dan sudah melakukan tindakan medis terbaik, sehingga tidak layak dipersalahkan terhadap kejadian tersebut.