KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank-bank besar terus melengkapi fitur baru pada layanan digital bankingnya untuk sempurna menjadi layanan superapps, sehingga tak kalah canggih dari aplikasi yang ditawarkan bank-bank digital. Dengan begitu, berbagai transaksi bisa dilakukan hanya lewat satu aplikasi, termasuk untuk transaksi memenuhi gaya hidup atau lifestyle. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) misalnya, siap memperbanyak fitur-fitur baru tahun ini pada dua layanan superapps perseroan yakni Livin' dan Kopra. Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Alexandra Askandar mengungkapkan, aplikasi super Livin' akan menghadirkan keterbukaan ekosistem sehingga bisa terintegrasi dengan ekosistem digital dari eksternal, termasuk pemain digital top yang sudah ada di pasar.
Dengan integrasi maka Livin' bakal bisa memenuhi berbagai kebutuhan layanan financial nasabah. "Kuartal II, kami akan meluncurkan layanan investasi sehingga pengguna Livin’ dapat melakukan jual beli produk reksa dana dan surat berharga,” kata Alexandra, Rabu (27/4). Baca Juga: Net Buy Asing Capai Rp 25,38 Triliun Dalam Sepekan, Ini Saham Incaran Asing Pada layanan investasi itu, lanjutnya, nasabah bisa memilih beragam produk investasi, sesuai dengan profil resiko mereka. Tidak hanya produk invetasi dari mitra, Livin' akan menawarkan layanan dan produk investasi dari anak usaha perseroan, seperti Mandiri Sekuritas dan Mandiri Investasi. Selanjutnya, Bank Mandiri akan bekerjasama dengan sejumlah mitra melalui integrasi sistem dan layanan. Lewat integrasi itu, Livin' akan mengahdirkan fitur urban lifestyle seperti pemesanan dan pembelian tiket pesawat. Lalu fitur lain yang akan dikembangkan adalah branch reservation. Alexandra bilang, fitur itu akan memungkinkan nasabah melakukan reservasi layanan cabang pada jam tertentu, sehingga nasabah yang telah melakukan reservasi tidak perlu lagi mengantri sesampainya di cabang Bank Mandiri.