KONTAN.CO.ID - Lazada Indonesia (Lazada) belum lama ini menerima penghargaan Glints Best Employers Award 2022 untuk kategori Smart Teams dari Glints, platform talenta terbesar di Asia Tenggara dan Taiwan untuk pertumbuhan karier dan rekrutmen yang berbasis di Singapura. Penghargaan ini diperoleh Lazada atas komitmen perusahaan dalam mengadaptasi teknologi dan inovasi untuk dorong pemberdayaan karyawan dan pertumbuhan perusahaan. Penghargaan ini diberikan Glints kepada sejumlah organisasi di Asia Tenggara, Hongkong, dan Taiwan yang berhasil membangun dan mengelola lingkungan kerja yang luar biasa selama pandemi. Glints Best Employers Award 2022 untuk pertama kalinya diadakan Glints sebagai bentuk pengakuan pada perusahaan yang berhasil mengembangkan program peningkatan karyawan seiring dengan proses adaptasi dalam situasi pandemi. “Penghargaan Glints Best Employers Award 2022: Beyond Borders memberikan pengakuan kepada perusahaan-perusahaan atas pencapaian mereka yang luar biasa dalam membangun dan mengelola tenaga kerjanya di era pasca pandemi. Melalui inisiatif yang berfokus pada manusia, Lazada Indonesia telah membuktikan komitmen dan konsistensinya dalam mengadopsi teknologi dan metode pelatihan yang baru untuk meningkatkan kemampuan digital karyawannya agar bisa menyesuaikan dengan pertumbuhan bisnis dan industri,” ujar Oswald Yeo, Co-Founder dan CEO Glints.
Evelyn Yonathan, Chief People Officer, Lazada Indonesia, mengatakan, “Penghargaan ini menjadi bukti nyata atas upaya dan kerja keras kami untuk memastikan pemberdayaan karyawan dan pertumbuhan perusahaan bisa terus berjalan beriringan meski di tengah tantangan pandemi. Keberadaan teknologi mutakhir yang kami miliki berperan sangat penting dalam mendukung kami bisa terus berinovasi dan mendorong proses bisnis dan pengambilan keputusan yang efektif dan efisien. Di tengah pertumbuhan industri eCommerce yang dinamis, kami harus memberikan wahana agar setiap anggota tim kami mampu bekerja dan berkolaborasi dengan baik dan mudah.” Lazada memiliki berbagai perangkat untuk layanan mandiri karyawan (Employee Self- Service Tools) serta perangkat lunak (software) yang terintegrasi agar setiap karyawan dapat terus berkomunikasi dan berkolaborasi dengan mudah dan cepat, namun tetap dengan jaminan keamanan data. Platform kolaborasi milik Lazada yang menggunakan teknologi Alibaba, termasuk diantaranya aplikasi iDingTalk untuk komunikasi, AliWork untuk kolaborasi, AliMail untuk email, dan serta Alilang untuk platform software TI terintegrasi, diciptakan untuk memudahkan setiap karyawan Lazada untuk berkolaborasi baik dalam pengaturan online maupun hybrid. Berbagai operasional terkait human resources di Lazada juga dilakukan dengan sistem otomatisasi yang memungkinkan karyawan bisa mendapatkan solusi secara cepat. Semua platform komunikasi dan kolaborasi di Lazada juga memiliki sistem keamanan tingkat tinggi meski bisa diakses melalui mobile dan di luar jaringan Lazada. “Semua solusi digital ini dihadirkan Lazada dengan pendekatan yang berfokus pada pengembangan kapasitas dan kapabilitas karyawan, menjadikan setiap karyawan Lazada adalah bagian dari smart teams. Hal ini juga sesuai dengan salah satu nilai Lazada yang menjadikan karyawan sebagai salah satu prioritas,” tambah Evelyn. Komitmen Lazada Berdayakan Generasi Muda Indonesia Lazada menyadari bagaimana lingkungan kerja yang mendukung pengembangan diri karyawan menjadi pilihan utama bagi generasi muda saat ini. Terlebih dengan kondisi industri eCommerce yang sangat dinamis. Meski demikian, Studi Lazada 2021 yang bertajuk “Pengembangan Talenta untuk Ekonomi Digital Indonesia” mengungkapkan bahwa masih banyak talenta Indonesia yang belum siap untuk beradaptasi mengikuti pertumbuhan ekonomi digital yang demikian pesatnya. Karena itulah, Lazada terus mengembangkan inisiatif pemberdayaan generasi muda di Lazada melalui Lazada Forward Youth (FOYO). Berbagai program termasuk program magang LazPrentice serta program pelatihan karyawan termasuk ke dalam inisiatif FOYO di Lazada. “Kami juga memiliki Lazada Forward Scholarship, di mana selain memberikan beasiswa kepada 20 mahasiswa terpilih serta karyawan potensial terpilih di unit bisnis logistik, Lazada Logistics, Lazada memberikan kesempatan magang di Lazada serta sesi pendampingan langsung dari para profesional di Lazada bagi mahasiswa terpilih tersebut. Lazada Forward Scholarship menjadi manifestasi kami di Lazada untuk mendorong mahasiswa Indonesia untuk berkarir secara tangguh, cerdas, dan kompeten di industri mana pun,” tutup Evelyn. Lazada juga berpartisipasi aktif dalam program magang Kampus Merdeka yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), di mana saat ini 113 mahasiswa yang terpilih dari 33.000 pendaftar Kampus Merdeka jilid 2 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia tengah menjalani masa magang di Lazada dan bekerja secara dekat dengan para profesional di Lazada. Tentang Lazada
Didirikan pada tahun 2012, Lazada Group adalah platform eCommerce di Asia Tenggara. Kami mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi. Dengan jaringan logistik dan pembayaran di Asia Tenggara, Lazada adalah bagian dari kehidupan sehari-hari konsumen di kawasan ini dan kami menargetkan melayani 300 juta pembeli pada tahun 2030. Sejak 2016, Lazada merupakan platform utama Alibaba Group di Asia Tenggara, yang didukung oleh infrastruktur teknologi kelas dunia. Sebagai pionir dari Harbolnas, festival belanja terbesar di Indonesia, Lazada Indonesia fokus untuk membangun bisnis eCommerce yang berkelanjutan melalui kepemimpinan dalam bidang teknologi serta kapabilitas dan infrastruktur logistik. Lazada adalah platform belanja online yang mengkombinasikan interaksi, informasi dan hiburan bagi konsumen melalui konsep shoppertainment. Lazada berkomitmen untuk memberdayakan pebisnis lokal di Indonesia dengan membangun ekosistem eCommerce end-to-end demi mendorong pertumbuhan perekonomian nasional, yang didukung oleh kepemimpinan Alibaba dalam ekonomi digital. Beberapa penghargaan telah diraih Lazada selama ini, termasuk diantaranya sebagai Brand of the Year 2018 untuk kategori eCommerce dan marketplace dari Marketeers. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti