Lazada Perkuat Strategi Hiperlokal di Surabaya dengan LazADA Surabaya Summit 2024



KONTAN.CO.ID - Jawa Timur merupakan salah satu provinsi dengan pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang pesat. Pada 2023, Badan Pusat Statistika mencatat UMKM di Jawa Timur mencapai 9,78 juta yang merupakan 25% dari total masyarakat Jawa Timur. Sebagai kota terbesar di Jawa Timur, Surabaya memiliki potensi untuk menjadi pusat pertumbuhan industri ekonomi digital dengan tingkat literasi digital yang tinggi, tercermin dari Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) sebesar 52,28, melampaui rata-rata nasional.

Melihat potensi besar ini, Lazada Indonesia memperkuat komitmennya untuk mendukung pertumbuhan dan digitalisasi UMKM Surabaya melalui strategi hiperlokal dan menggelar LazADA Surabaya Summit 2024. Acara ini merupakan konferensi dan wadah pemberdayaan perdana Lazada di Surabaya yang dirancang khusus sebagai platform untuk belajar, berjejaring, dan mengembangkan bisnis untuk lebih dari 800 penjual dan mitra affiliate Lazada yang hadir dalam acara.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Moga Simatupang turut mengapresiasi upaya Lazada dalam membekali dan memberdayakan para penjual lokal di Jawa Timur karena sejalan dengan visi misi Presiden Prabowo Subianto yang tertuang dalam Asta Cita. “Kementerian Perdagangan terus mendorong peningkatan kapasitas pelaku usaha, khususnya UMKM untuk bisa masuk pasar eCommerce sebagaimana diamanatkan dalam Asta Cita Presiden Prabowo 2025-2029, melalui pelatihan bagi pelaku UMKM dan kolaborasi dengan platform eCommerce.”


Sementara itu, Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Surabaya, Restu Novi Widiani yang juga hadir dalam acara menyambut baik inisiatif Lazada di Surabaya untuk memberdayakan UMKM lokal yang berambisi untuk meningkatkan bisnis. “Kami menyambut gembira kehadiran Lazada di sini karena memajukan seluruh pelaku UMKM di Surabaya. Pemerintah Kota Surabaya menganggap Lazada sebagai mitra kami sebagai upaya bersama untuk mengembangkan UMKM. Saya percaya UMKM Surabaya tentu ingin menjadi lebih besar dan sejahtera.”

CEO Lazada Indonesia, James Chang menegaskan komitmen Lazada dalam menciptakan ekosistem ekonomi digital yang inklusif melalui strategi hiperlokal dan LazADA Surabaya Summit 2024, "Lazada hadir di Indonesia bukan hanya sebagai platform eCommerce, kami juga merupakan mitra pertumbuhan bisnis di Indonesia. Tujuan ini tertuang dalam LazADA Surabaya Summit 2024 yang akan membekali para peserta dengan pengetahuan mendalam dan strategi praktis untuk memaksimalkan platform Lazada. Termasuk pemanfaatan fitur-fitur canggih, teknologi terkini, dan berbagai program unggulan, khususnya dalam menghadapi momentum penting seperti festival belanja akhir tahun mendatang."

LazADA Surabaya Summit 2024 menghadirkan serangkaian sesi edukatif yang komprehensif, dipandu para pakar industri dan eksekutif Lazada. Dalam gelaran ini, penjual dan mitra affiliate didorong untuk mengikuti beragam sesi yang dapat membantu mereka menavigasi perjalanan bisnisnya. Mulai dari cara memaksimalkan penjualan selama festival belanja online, membangun brand yang berkelanjutan, hingga mencapai keunggulan operasional dengan mengintegrasikan sistem logistik yang mumpuni.

Strategi hiperlokal Lazada, strategi ampuh tumbuhkan komunitas penjual lokal

Strategi hiperlokal yang dirancang khusus untuk memenuhi preferensi kota Surabaya diluncurkan bersamaan dengan festival belanja 10.10 lalu. Strategi ini mencakup penyediaan laman khusus, penawaran eksklusif untuk pelanggan, pengembangan layanan logistik menyeluruh, hingga berbagai aktivasi online dan offline, termasuk kolaborasi dengan penyanyi kebanggaan Surabaya sebagai brand ambassador, Denny Caknan.

Surabaya Region Director, Lazada Indonesia, Canggih Satriatama mengatakan, “Strategi hiperlokal di Lazada menghasilkan capaian positif, tercermin dari data internal Lazada yang mencatat peningkatan transaksi penjualan lebih dari dua kali lipat pada festival belanja 10.10 di Surabaya. Angka menunjukkan antusiasme pelanggan Surabaya terhadap festival belanja dan strategi tepat sasaran yang dirancang khusus untuk pelanggan di Surabaya.”

Selain itu, lebih dari 50% pemenuhan kebutuhan pelanggan Surabaya merupakan kontribusi dari penjual dan pasokan lokal. “Hasil ini memperlihatkan bahwa strategi dan inisiatif yang dilakukan oleh Lazada terbukti dapat menonjolkan potensi dan peluang yang dimiliki oleh para penjual lokal Surabaya,” tambah Canggih.

Komitmen Lazada dalam strategi hiperlokal juga terlihat dalam investasi perusahaan untuk mengembangkan infrastruktur logistik lokal. Unit bisnis logistik dari Lazada, LEX, telah membangun gudang baru di Surabaya dengan kapasitas jutaan produk dan mengembangkan layanan Fulfillment by Lazada (FBL), yang memungkinkan penjual lokal untuk menjangkau pelanggan lebih cepat dan efisien. Dengan jaringan LEX yang menjangkau 98% area di Jawa Timur, FBL menawarkan layanan menyeluruh untuk brand dan UMKM, mulai dari penyimpanan, pengepakan, hingga pengiriman barang ke pelanggan.

Strategi hiperlokal ini juga turut mendukung kanal khusus di Lazada yang baru saja diluncurkan, LazMart, yang merupakan bagian dari komitmen Lazada untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari konsumen di seluruh Indonesia. Sebagai kanal one-stop shopping untuk kebutuhan sehari-hari, LazMart dapat menjadi solusi tepat pembeli yang ingin mencari kebutuhan primer. Penjual juga mendapatkan keuntungan karena bisa meningkatkan visibilitas produk dan memperluas jangkauan pasar dengan memasarkan produknya di LazMart.

Pelaksanaan strategi hiperlokal di Surabaya akan dijadikan model percontohan untuk kota lain di Indonesia, “Di Lazada, komitmen kami terhadap pelanggan lokal dan UMKM tak tergoyahkan. Strategi hiperlokal kami di Surabaya menjadi model dalam mendukung bisnis di kota lainnya di seluruh Indonesia. Seiring kami melanjutkan perjalanan ini, komitmen kami terhadap komunitas lokal akan semakin dalam dan kami bisa berkontribusi membangun ekonomi Indonesia yang lebih kuat dan tangguh,” tutup James.

Tentang Lazada

Lazada Group adalah pionir platform eCommerce di Asia Tenggara. Selama 12 tahun terakhir, Lazada mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi. Saat ini, ekosistem Lazada yang terus berkembang menghubungkan 160 juta pelanggan kami dengan lebih dari satu juta penjual aktif setiap bulannya, yang bertransaksi dengan aman dan nyaman melalui saluran pembayaran terpercaya, menerima paket melalui jaringan logistik lokal yang telah menjadi yang terbesar di kawasan ini.

Di Indonesia, Lazada dikenal sebagai pionir Harbolnas, festival belanja terbesar di tanah air. Masyarakat Indonesia dapat menikmati pengalaman berbelanja yang aman dan nyaman dengan pengiriman cepat dan gratis ongkir, yang didukung oleh layanan logistik Lazada yang menyeluruh. Sebagai bagian dari upaya membangun bisnis e-commerce yang berkelanjutan di Indonesia, Lazada berkomitmen untuk memberdayakan talenta Indonesia agar siap menghadapi masa depan.

Baca Juga: Lazada Gelar Seller Conference Level Up guna Dukung Penjual Online Unggul & Bersaing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti