Lazada Resmikan Penggunaan Panel Surya di Gudang Utama Lazada



KONTAN.CO.ID -  Sebagai salah satu platform eCommerce di Indonesia, Lazada Indonesia (Lazada) terus berupaya mendorong pertumbuhan ekosistem ekonomi digital Indonesia, di mana unsur ‘hijau’ dan operasional berkelanjutan turut menjadi fokus utama. Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Perdagangan Republik Indonesia menunjukkan tingkat penetrasi eCommerce di Indonesia diproyeksikan menyentuh angka 34,48% dengan total 99,1 juta pengguna pada tahun 2029. Pertumbuhan ini menghadirkan peluang sekaligus tantangan, terutama dalam peningkatan emisi yang dihasilkan dari operasional logistik yang dilakukan.

Pemerintah sebelumnya telah mengumumkan komitmennya dalam mencapai net zero emissions pada tahun 2060. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menghadapi tantangan yang dapat terjadi akibat perubahan iklim di masa mendatang, salah satunya melalui implementasi ekonomi hijau. Kementerian PPN/Bappenas pun telah mempersiapkan strategi Pembangunan Rendah Karbon (PRK) untuk mendukung implementasi ekonomi hijau yang meliputi kebijakan net zero emissions, stimulus hijau, dan implementasi kebijakan PRK.

Sejalan dengan komitmen itu, Lazada mendukung penuh upaya menuju target tersebut dengan menerapkan praktik bisnis berkelanjutan, khususnya pada operasional logistik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dukungan ini dilakukan dengan berbagai inisiatif, salah satunya dengan implementasi panel surya di gudang utama Lazada di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, yang menjadikan Lazada sebagai pelopor gudang logistik eCommerce yang didukung panel surya.


“Kami menyadari pertumbuhan eCommerce yang pesat tak hanya memberikan peluang ekonomi, tapi juga memiliki dampak pada lingkungan hidup. Oleh karena itu, pertumbuhan ini perlu diimbangi dengan solusi logistik yang efisien dan berkelanjutan.

Penggunaan panel surya di gudang utama logistik kami merupakan salah satu langkah konkret Lazada dalam menjalankan operasional bisnis yang lebih efisien sekaligus mendukung penerapan prinsip ekonomi hijau yang sejalan dengan kebijakan pemerintah Indonesia, yang mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan," ujar Vice President Government Affairs Lazada Indonesia, Budi Primawan.”

Menyambut baik inisiatif Lazada, Direktur Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Nizhar Marizi menyatakan, ”Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk mencapai target net zero emissions pada tahun 2060 mendatang. Akan tetapi, tantangan iklim menuntut aksi nyata dari semua pihak. Inisiatif yang dilakukan oleh Lazada ini adalah langkah yang perlu diapresiasi dalam upaya menciptakan ekonomi hijau di Indonesia.”

Lazada telah memulai pemanfaatan energi surya di fasilitas logistiknya sejak tahun 2023, dengan pemasangan panel surya di fasilitas logistik Lazada di Bali dan Bandung, yang menghasilkan output energi yang signifikan setiap tahunnya.

Kesuksesan tersebut mendorong Lazada untuk memperluas inisiatif ini ke fasilitas logistik terbesarnya di Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Fasilitas panel surya di Cimanggis diharapkan mampu menghasilkan ratusan ribu kWh energi surya setiap tahunnya, yang dapat membantu memenuhi sebagian kebutuhan listrik gudang.

“Penggunaan panel surya di gudang logistik Lazada di Cimanggis ini merupakan salah satu dari banyak inisiatif berkelanjutan yang telah dan akan terus kami lakukan. Lazada berkomitmen untuk terus berinovasi dan berkolaborasi untuk menciptakan industri eCommerce yang tidak hanya inklusif dan menawarkan manfaat ekonomi bagi setiap orang di dalam ekosistem kami, namun juga sekaligus berdampak positif terhadap lingkungan,” tambah Budi.

Peluncuran instalasi panel surya ini menjadi ajang bagi Lazada untuk menegaskan komitmennya terhadap keberlanjutan, sekaligus mengajak para pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama menciptakan ekosistem ekonomi digital yang lebih hijau.

Komitmen Lazada terhadap keberlanjutan juga ditunjukkan dari berbagai inisiatif lain yang telah dilakukan. Mulai dari penggunaan lampu LED dengan sistem pencahayaan otomatis di fasilitas logistik Lazada, penggunaan armada berbasis listrik dan sepeda #BlueVehicle, aplikasi teknologi smart routing dan internet of things (IoT) untuk mempercepat pengiriman barang, serta penggunaan kemasan karton ramah lingkungan bersertifikat Forest Stewardship Council (FSC) dan penggunaan kerta serut daur ulang sebagai pengganti plastik.

Di tingkat regional, komitmen Lazada dalam upaya keberlanjutan juga tercermin pada laporan dampak Lingkungan Hidup, Sosial, dan Tata Kelola (ESG) tahun 2024, di mana Lazada Group menunjukkan penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 40%.

Penurunan ini didorong dengan upaya bisnis berkelanjutan yang serentak dilakukan pada tingkat regional. Lazada Group juga menginisiasi Lazada Sustainability Academy (LSA), sebuah program edukasi yang dirancang untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan dalam ekosistem perdagangan digital. LSA bertujuan untuk memberdayakan bisnis kecil dan menengah di Asia Tenggara dengan pola pikir dan pengetahuan yang diperlukan untuk pertumbuhan berkelanjutan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai upaya berkelanjutan Lazada di tingkat regional, bisa merujuk pada Laporan Dampak ESG Lazada Tahun Keuangan 2024: Mempercepat Inovasi, Meningkatkan Resiliensi (Accelerating Innovation, Anchoring Resilience).

Tentang Lazada

Lazada Group adalah pionir platform e-commerce di Asia Tenggara. Selama 12 tahun terakhir, Lazada mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi. Saat ini, ekosistem Lazada yang terus berkembang menghubungkan 160 juta pelanggan kami dengan lebih dari satu juta penjual aktif setiap bulannya, yang bertransaksi dengan aman dan nyaman melalui saluran pembayaran terpercaya, menerima paket melalui jaringan logistik lokal yang telah menjadi yang terbesar di kawasan ini.

Di Indonesia, Lazada dikenal sebagai pionir Harbolnas, festival belanja terbesar di tanah air. Masyarakat Indonesia dapat menikmati pengalaman berbelanja yang aman dan nyaman dengan pengiriman cepat dan gratis ongkir, yang didukung oleh layanan logistik Lazada yang menyeluruh. Sebagai bagian dari upaya membangun bisnis e-commerce yang berkelanjutan di Indonesia, Lazada berkomitmen untuk memberdayakan talenta Indonesia agar siap menghadapi masa depan.

Baca Juga: Lazada Bagikan Mobil Listrik dan Diskon Hingga 90% di Lazada 9.9 Mega Brands Sale

Selanjutnya: CISSReC: Lembaga Pelindungan Data Pribadi (PDP) Harus Dibentuk Sebelum 17 Oktober

Menarik Dibaca: 3 Kebiasaan yang Membuat Kulit Susah Glowing, Sering Dilakukan Banyak Orang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
TAG: