Lazada Seller Summit Perkenalkan Sponsored Media pada Brand & UMKM Jangkau Konsumen



KONTAN.CO.ID -  Demi mendukung brand dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal Indonesia, Lazada Indonesia (Lazada) bekerja sama dengan Meta di Indonesia menggelar Lazada Seller Summit 2024 untuk memperkenalkan Sponsored Media, sebuah solusi promosi yang mudah dan efisien bagi para penjual dan brand lokal di platform Lazada untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli.

Kini, konsumen beradaptasi dengan tren dan perilaku belanja online secara cepat, serta semakin cerdas dalam mengambil keputusan saat membeli barang secara online. Data menunjukkan bahwa 66,5% penduduk Indonesia adalah pengguna internet, dengan 46,1% dari pengguna tersebut menggunakan internet untuk mencari produk dan brand[1]. Selain itu, 97,8% pengguna internet menggunakan media sosial[2], memberikan kesempatan besar bagi penjual untuk berinteraksi dengan konsumen melalui saluran media sosial untuk mempromosikan brand dan produk mereka.

Sponsored Media diperkenalkan sebagai bagian dari fitur Promosi Berbayar Lazada (Lazada Sponsored Solutions) yang bisa diakses melalui Lazada Seller Center dan memungkinkan brand dan UMKM lokal untuk mendapatkan dan mengarahkan traffic dari pengguna di platform Meta (Facebook, Instagram, dan Audience Network) ke toko mereka di platform Lazada.


Chief Business Officer Lazada Indonesia, Stefan Winata menjelaskan keuntungan menggunakan solusi Sponsored Media. “Lazada Sponsored Solutions adalah rangkaian fitur yang dirancang untuk mendukung setiap wirausaha yang ingin berkembang bersama Lazada, termasuk diantaranya solusi Sponsored Media ini.

Solusi ini ditawarkan melalui kerja sama dengan Meta dan dapat dengan mudah diakses melalui Seller Center Lazada. Dengan memanfaatkan basis pengguna Meta yang luas, solusi ini akan menyederhanakan dan mempercepat proses dalam menarik lebih banyak traffic dan potensi penjualan untuk para penjual dan brand lokal, sehingga mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di Lazada.”

Solusi Sponsored Media menawarkan beberapa keuntungan bagi UMKM:

- Pengelolaan kampanye Iklan Meta untuk toko dalam platform Lazada secara terintegrasi Penjual dapat merancang dan menjalankan kampanye promosi di seluruh platform Meta hanya melalui satu dasbor di Lazada Seller Center. Dasbor ini juga menampilkan data dan informasi tentang kinerja toko serta rekomendasi untuk kampanye berikutnya.

- Menjangkau calon pembeli di seluruh platform Meta dengan lebih mudah Penjual yang menggunakan solusi Sponsored Media diberikan opsi untuk merancang kampanye promosi di seluruh platform Meta, termasuk Facebook dan Instagram. Ini memungkinkan penjual untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli dan meningkatkan brand awareness di berbagai saluran promosi.

- Meningkatkan keterlibatan dengan pengguna Lazada dan menjaga loyalitas terhadap brand Selain menjangkau calon pembeli di platform Meta, solusi Sponsored Media juga memungkinkan penjual merancang berbagai kampanye untuk mempromosikan penawaran atau diskon eksklusif yang menargetkan para pelanggan mereka di platform Lazada guna meningkatkan loyalitas.

Country Director Meta di Indonesia, Pieter Lydian, mengatakan, “Di Meta, kami berkomitmen membuka berbagai kesempatan untuk bisnis agar bisa tumbuh dan terhubung dengan audiens mereka. Kolaborasi dengan Lazada di Indonesia ini tidak hanya memberikan peluang bagi bisnis lokal, tetapi juga membantu efisiensi inisiatif pemasaran mereka dan meningkatkan brand awareness di seluruh saluran promosi.”

Lazada Seller Summit 2024 digelar secara hybrid dan dihadiri oleh ratusan brand dan UMKM lokal yang hadir secara offline maupun online. Dalam acara ini, perwakilan dari Lazada dan Meta di Indonesia menyoroti manfaat Sponsored Media dan berbagi cara menerapkan solusi tersebut di toko dalam platform Lazada.

Kintakun, brand asal Indonesia yang memproduksi dan menjual seprei dan duvet di Lazada sejak tahun 2017, merupakan salah satu brand lokal pertama yang mengadopsi Sponsored Media. Brand & Communication Manager Kintakun, Kanisius Gerry,  mengatakan, “Solusi Sponsored Media Lazada cukup sederhana dan mudah digunakan.

Solusi terintegrasi ini memungkinkan kita dapat dengan mudah memilih produk yang ingin kita promosikan melalui Seller Center. Selain itu, penargetan iklan juga lebih tepat karena berfokus pada konsumen yang berpotensi untuk berbelanja di Lazada, sehingga kegiatan pemasaran kami menjadi lebih efektif dan efisien.”

Tentang Lazada

Lazada Group adalah pionir platform e-commerce di Asia Tenggara. Selama 12 tahun terakhir, Lazada mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi. Saat ini, ekosistem Lazada yang terus berkembang menghubungkan 160 juta pelanggan kami dengan lebih dari satu juta penjual aktif setiap bulannya, yang bertransaksi dengan aman dan nyaman melalui saluran pembayaran terpercaya, menerima paket melalui jaringan logistik lokal yang telah menjadi yang terbesar di kawasan ini.

Di Indonesia, Lazada dikenal sebagai pionir Harbolnas, festival belanja terbesar di tanah air. Masyarakat Indonesia dapat menikmati pengalaman berbelanja yang aman dan nyaman dengan pengiriman cepat dan gratis ongkir, yang didukung oleh layanan logistik Lazada yang menyeluruh. Sebagai bagian dari upaya membangun bisnis e-commerce yang berkelanjutan di Indonesia, Lazada berkomitmen untuk memberdayakan talenta Indonesia agar siap menghadapi masa depan.

Baca Juga: 5 Fitur Inovatif Lazada Dukung Penjual Tingkatkan Penjualan & Bantu Pembeli Berhemat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti