Lebaran, Ritel Kompak Tambah Jam Operasional



JAKARTA. Beberapa hari menjelang Lebaran, sejumlah pusat perbelanjaan modern di Jakarta seperti tak ingin ketinggalan mendulang untung. Mereka berlomba memperpanjang waktu belanja hingga tengah malam alias pukul 24.00 WIB. Maklum, peminat belanja menjelang Lebaran sangat membeludak.

Dalam pantauan Kontan Minggu (28/9), beberapa pusat perbelanjaan besar maupun kecil, tampak padat oleh pengunjung. Jejeran parkir kendaraan, sesaknya pengunjung di setiap koridor rak-rak produk yang terpajang, menjadi buktinya.

Carrefour, misalnya, mengaku sudah sejak Jumat (26/9) menambah jam buka gerai hingga pukul 24.00 WIB. Ini berlangsung hingga Senin (29/9) atau sehari menjelang Lebaran.


Dalam kondisi normal, jadwal operasi Carrefour di hari biasa hanya berlangsung dari pukul 09.00 sampai 21.30 WIB. “Namun, khusus Selasa (30/9), kami tutup lebih cepat, yakni jam 20.00 wib karena malam takbiran,” kata Corporate Affairs Director PT Carrefour Indonesia Irawan Kadarman, Senin (29/9).

Kadarman mengatakan, penambahan ini bagian dari pelayanan kepada pelanggan. Khususnya pengunjung yang berprofesi pekerja. Sebab, mereka kerap hanya sempat belanja di malam hari. Sayang, Kadarman tak bersedia menyebut target penjualan dari penambahan jam buka operasional ini.

Selain Carrefour, Kadarman bilang, ritel-ritel lain pun melakukan hal sama. Memang benar, peritel lain membuka gerai hingga midnight. Salah satunya adalah Hypermart, gerai milik PT Matahari Putra Prima Tbk.

Vice President Corporate Communication PT Matahari Putra Prima Tbk Roy N. Mandey menuturkan, sejak empat hari lalu Hypermart buka hingga pukul 24.00 WIB. Demikian pula Matahari, department store di bawah naungan Matahari Putra Prima. “Nanti di Hari Lebaran kami juga tetap buka tapi siang setelah solat Id,” kata Roy.

Untuk Hypermart, Roy menargetkan bisa meraup kenaikan penjualan 15% selama Ramadan dari bulan biasanya. Tapi, ia tak menyebut nilai pasti dari nilai penjualan yang diperoleh selama Ramadan. “Ini baru diketahui seusai Lebaran,” ujarnya.

Regional Manager Jabodetabek Matahari Rudi Yosodiningrat mengatakan, produk yang paling laku terjual saat Ramadan hingga menjelang Lebaran adalah pakaian anak-anak dan sepatu. Kondisi ini tak jauh berbeda dari tahun sebelumnya.

Selain perpanjangan jam operasional, Roy menambahkan, Matahari menawarkan beberapa program ke pengunjung selama Ramadan. Mulai dari diskon, penerimaan zakat, infak dan peluang menjalankan umroh.

Tak ingin ketinggalan, Kadarman mengaku, Carrefour juga menggelar aneka promo sejak awal Ramadan. Termasuk memberi berbagai diskon produk-produk tertentu. Peminat berbagai promo itu, kata dia, tampak sangat antusias.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test