JAKARTA. Dua penguasa pasar mainan global bakal bertarung habis-habisan di tahun ini. Pasalnya, persaingan antara produsen mainan balok asal Denmark, Lego Group dan produsen Barbie, Mattel Inc kian memanas seiring dengan perbedaan pendapatan yang kian sempit. Gambaran saja, Lego berhasil mencetak kenaikan laba sebesar 31% menjadi 9,2 miliar kroner Denmark pada 2015. Popularitas Star Wars dan Ninjago turut mendongkrak pendapatan Lego tumbuh 25% menjadi 35,8 miliar kroner atau setara US$ 5,2 miliar pada tahun lalu. Hanya saja, lompatan pendapatan Lego tersebut belum dapat menggeser dominasi Mattel. Penjualan Mattel sendiri malah turun 5% menjadi US$ 5,7 miliar di tahun lalu.
Lego dan Mattel saling sikut di bisnis mainan
JAKARTA. Dua penguasa pasar mainan global bakal bertarung habis-habisan di tahun ini. Pasalnya, persaingan antara produsen mainan balok asal Denmark, Lego Group dan produsen Barbie, Mattel Inc kian memanas seiring dengan perbedaan pendapatan yang kian sempit. Gambaran saja, Lego berhasil mencetak kenaikan laba sebesar 31% menjadi 9,2 miliar kroner Denmark pada 2015. Popularitas Star Wars dan Ninjago turut mendongkrak pendapatan Lego tumbuh 25% menjadi 35,8 miliar kroner atau setara US$ 5,2 miliar pada tahun lalu. Hanya saja, lompatan pendapatan Lego tersebut belum dapat menggeser dominasi Mattel. Penjualan Mattel sendiri malah turun 5% menjadi US$ 5,7 miliar di tahun lalu.