Lelang SBI 12 bulan belum ditentukan waktunya



JAKARTA. Bank Indonesia (BI) belum bisa menentukan jadwal pelelangan Sertifikat Bank Indonesia (SBI) 12 bulan. Pasalnya, pelaku pasar membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan instrumen moneter baru ini.

Sebelumnya, Kontan menulis bahwa lelang SBI 12 bulan akan ditunda hingga minggu kedua Oktober 2010. “Lelang SBI akan dilaksanakan secara reguler pada minggu kedua setiap bulan. Nah, untuk SBI 12 bulan kami belum tentukan kapan jadwal pelelangannya,” ujar Kepala Biro Humas BI Difi A Johansyah, Kamis (16/9).

Difi bilang, untuk lelang SBI pada September ini, BI sudah menyelenggarakan lelang pada 8 September lalu untuk SBI bertenor 3 bulan, 6 bulan, dan 9 bulan. Namun, rencana BI melelang SBI 12 bulan yang sedianya dilaksanakan pada September ini belum bisa terlaksana. "Lelang SBI 12 bulan belum ditentukan karenamasih perlu penyesuaian pasar. Ini hanya masalah teknis,” tandasnya.Sekadar catatan, penerbitan SBI 12 bulan merupakan bagian dari grand design operasi moneter BI yang akan memfokuskan pada penyerapan likuiditas pada tenor yang lebih panjang. Alhasil, dibutuhkan masa transisi bagi para pelaku pasar untuk secara bertahap memperpanjang horizon portfolionya. "Dengan demikian, penerbitan SBI 12 bulan ditunda sampai dengan pelaku pasar telah melakukan penyesuaian pasar yang diperlukan," ujar Difi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test