Lemon hingga susu, inilah 7 bahan untuk masker komedo



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak orang yang sulit mengatasi komedo. Biasanya, masalah kulit itu bisa diatasi dengan masker komedo yang dijual di pasaran. Namun, tahukah Anda bahwa bahan-bahan alami juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan komedo?

Komedo terbentuk karena pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak atau jenis kotoran yang lain. awalnya, komedo berwarna putih lalu teroksidasi sehingga berubah menjadi hitam. Jika terus dibiarkan, komedo bisa lebih terlihat sehingga mengganggu penampilan.

Beberapa bahan alami ini mudah untuk Anda coba. Namun, pastikan untuk melakukan uji coba, ya. Apabila ada reaksi alergi yang muncul, segera hentikan pemakaian dan ganti dengan bahan alami yang lain.

Lemon dan Telur

Cookist (cookist.com) merekomendasikan satu putih telur dan 1 sdm air lemon untuk menghilangkan komedo. Setelah teraduk rata, aplikasikan bahan-bahan tersebut pada kulit menggunakan kuas. Diamkan selama minimal 10 menit kemudian bilas dengan air dingin. Selanjutnya, jangan lupa untuk memakai pelembab, ya.

Baca Juga: Pakai bahan alami, inilah 5 cara menghilangkan komedo

Baking Soda dan Madu

Masker komedo berikutnya bisa Anda buat dengan mencampurkan baking soda dan madu. Selain membersihkan sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori, baking soda juga mampu menetralkan pH kulit. Di sisi lain, madu berfungsi untuk mencerahkan warna kulit.

Caranya sangat mudah. Pertama, campur 2 sdm baking soda dan 2 sdm madu dalam sebuah wadah. Aduk rata lalu aplikasikan pada kulit wajah selama maksimal 15 menit kemudian bilas dengan air dingin. Anda bisa mencoba cara itu sebanyak satu kali dalam seminggu.

Teh Hijau dan Lidah Buaya

Mengutip dari Cookist, cara menghilangkan komedo bisa Anda lakukan dengan teh hijau dan lidah buaya. Campur ¼ gelas teh hijau yang sudah direbus dan didinginkan dengan 1 sdm gel lidah buaya. Oleskan campuran itu pada kulit selama 20 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Baca Juga: Agar hidung bersih, ini cara menghilangkan komedo secara alami dan dengan obat

Madu dan Susu

Selain dikombinasikan dengan baking soda, masker komedo juga bisa Anda buat dengan mencampur madu dan susu. Susu mengandung asam laktat yang berfungsi sebagai eksfoliator sehingga pori-pori yang tersumbat pun dapat teratasi.

Anda perlu mencampur ¼ gelas susu dengan 2 sdm madu terlebih dahulu. Setelah teraduk rata, oleskan campuran itu pada kulit wajah. Diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum Anda membilasnya dengan air dingin.

Selanjutnya: Cara mudah menghilangkan komedo hitam di hidung, penasaran?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News