Lenovo bidik pangsa pasar UKM dan waralaba



JAKARTA. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) kini menjadi bidikan pasar bagi pelaku industri teknologi. Salah satunya adalah, produsen teknologi asal China, Lenovo yang melirik potensi pasar di kalangan UKM.

Banyak alasan bagi produsen perangkat teknologi itu membidik pasar UKM. Salah satunya karena peran UKM di Indonesia yang mampu berkontribusi bagi perekonomian negara.

"UKM adalah tulang punggung ketahanan ekonomi dan memberikan kontribusi lebih dari 50% terhadap GDP Indonesia," kata Irene Santosa, Direktur Small Medium Business (SMB) PT Lenovo Indonesia di Jakarta, Selasa (26/2).


Maka itulah, UKM kini menjadi segmen pasar yang dibidik oleh Lenovo. Caranya adalah dengan merilis produk-produk baru untuk segmen ini. Salah satunya adalah, peluncuran Ultrabook T430u pada Rabu (20/2) yang diklaim cocok untuk aktivitas UKM.

"Berdasarkan data dari International Data Corporation (IDC) pada kuartal IV 2012, pangsa pasar Lenovo di segmen SMB sebesar 14,9%," tandas Irene.

Selain meluncurkan produk untuk UKM, Lenovo berencana membuat program turun langsung ke UKM. "Kami sudah kerja sama dengan macam-macam UKM. Yang akan kita fokuskan adalah di segmen pelaku bisnis waralaba," tukasnya.

Mengenai target yang ingin dicapai Lenovo, Irene enggan memberi tahu. "Akan coba kami pertahankan pangsa pasar kami yang sudah 14,9%," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri