Lesunya pasar otomotif tak menghambat laju APM



KONTAN.CO.ID - ​JAKARTA. Tahun 2019 memang bukan merupakan tahun yang baik bagi industri otomotif.  Mengutip data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), penjualan mobil tercatat turun 13,5% menjadi 660.286 unit pada periode Januari - Agustus 2019.

Padahal, pada periode yang sama di tahun sebelumnya, angka penjualan mobil tercatat mencapai sebanyak 763.444 unit.

Seiring dengan hal ini, Gaikindo bahkan merevisi target penjualan sekitar 10% menjadi 1 juta unit dari yang semula dipatok sebanyak 1,1 juta unit.


Baca Juga: Gaikindo revisi target penjualan, APM tetap optimistis

Meski begitu, kondisi pasar otomotif yang sedang lesu agaknya tidak menghentikan langkah Agen Pemegang Merek (APM) untuk terus melaju. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengaku belum memiliki rencana untuk merevisi target penjualan tahun ini.

“Target (pertumbuhan) masih sekitar 17% seperti tahun lalu,” Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra kepada Kontan.co.id, Jumat (18/10).

Sebelumnya, ADM mencatatkan realisasi penjualan ritel sebesar 200.178 unit di tahun 2018. Apabila dihitung, maka target penjualan ADM tahun ini bisa dikatakan sekitar 234.208 unit di tahun 2019.

Baca Juga: Harga murah Mahindra Pikup bisa ganggu Triton dan Hilux

Sepanjang Januari - September 2019, ADM telah mencatatkan penjualan ritel sebanyak 127.639 unit. Artinya, realisasi penjualan ADM telah mencapai sekitar 54,50% dari target penjualan sepanjang Januari - September 2019.

Capaian penjualan ini sebagian besar ditunjang oleh penjualan segmen low cost green car (LCGC) sebanyak 54.257 unit atau setara dengan sekitar 42,50% dari total penjualan ADM.

Capaian penjualan LCGC ADM tersebut mengalami kenaikan sebesar 1,4% apabila dibandingkan dengan penjualan LCGC ADM sebanyak 53.497 unit pada periode yang sama di tahun sebelumnya.

Baca Juga: Tesla dapat lampu hijau untuk memproduksi kendaraan listirk di China

Sikap optimisme yang serupa juga ditemui pada APM lain. PT Sokonindo Automobile (DFSK) menilai penjualan mobil pada paruh kedua tahun 2019 dapat lebih baik apabila dibandingkan dengan semester I 2019.

Editor: Yudho Winarto