KONTAN.CO.ID-SEOUL. LG Electronics, akan meluncurkan sejumlah produk peralatan rumah dan solusi udara. Jika tak ada aral melintang, produk-produk dengan kecerdasan buatan (AI) tersebut akan meluncur di Indonesia pada tahun depan.
Pertama, kulkas multi door yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Asia, dengan berbagai fitur yang cocok untuk budaya kuliner maupun gaya hidup masyarakat Asia. Dengan ukuran yang lebih kecil dibanding merek lainnya, kulkas multi door LG memiliki kapasitas lebih besar dan area penyimpanan terpisah agar makanan dan minuman dalam kulkas tetap segar lebih lama. Ada dua jenis kulkas yang bakal meluncur, yakni Instaview French-Door dan Instaview Bottom-Freezer (
freezer bawah).
Untuk kulkas Instaview French-Door memiliki kapasitas 617 liter, lebih tinggi 48 liter dibanding merek lain sebesar 569 liter. Kulkas ini, 70% dari kapasitas, merupakan tempat penyimpanan yang telah menyesuaikan preferensi pelanggan Asia untuk penyimpanan bahan segar jangka pendek. Dengan kapasitas yang lebih besar, lebarnya hanya 833 millimeter atau lebih sempit 73 mm dibanding merek lain.
Dengan teknologi InstaView LG, pengguna bisa memeriksa kulkas tanpa membuka pintu. Pengguna tinggal mengetuk dua kali secara cepat pada panel kaca transparannya dan lampu pada pintu kulkas akan menyala sehingga tampak isi kulkas.
"Ini membuatnya lebih mudah untuk mempertahankan suhu internal yang ideal, mengurangi kehilangan energi, meningkatkan kenyamanan dan memberikan penghematan energi yang signifikan," kata Taejun Hur, Specialist at LG Asia Kitchen Solution Sales and Marketing Team di LG Twin Tower, Selasa (5/11).
Baca Juga: LG Electronics Incar Pendapatan KRW 100 Triliun di 2030 Lewat Transformasi Bisnis Kulkas ini menggunakan teknologi
linear cooling sehingga meminimalkan fluktuasi suhu di dalam lemari es untuk membantu menjaga kesegaran bahan-bahan hingga tujuh hari. Juga, teknologi
cooling door yang mendinginkan lemari es lebih cepat dari sistem konvensional.
Kedua, mesin cuci bukaan depan (
front load washer) AI DD 2.0 yang sebelumnya telah diperkenalkan di Indonesia Oktober lalu. Keunggulannya, mesin cuci dengan kapasitas 20 kilogram (kg) ini, berukuran sama dengan 15 kg, alias lebih compact. Jika mesin cuci generasi sebelumnya bisa mendeteksi material hingga kelembutan, pada generasi baru dengan fitur Al Wash 2.0, bisa mendeteksi kotoran yang melekat pada pakaian sehingga mesin cuci akan memilih gerakan mencuci yang sesuai.
Bagi pemilik hewan peliharaan, mesin cuci terbaru LG ini dapat menjadi pilihan. Sebab mesin cuci ini dilengkapi dengan fitur Pet Care Cycle. Fitur ini berupa pilihan pencucian dengan menggunakan suhu tinggi hingga 60°C dengan empat siklus pembilasan air hangat, efektif menghilangkan 99% bau hewan peliharaan yang melekat sebelumnya pada pakaian.
Ketiga, Dual Cool AC dengan fitur AI udara. Teknologi Al udara LG, membuat pengguna lebih mudah menyesuaikan suhu, kelembapan, dan aliran udara secara mulus untuk memberikan kondisi optimal setiap saat. Sistem canggih ini terus menyesuaikan aliran udaranya dan memanfaatkan sensor radar untuk melacak lokasi pengguna.
Produk ini juga dilengkapi dengan fitur hemat energi proaktif dan sensor pendeteksi manusia yang dapat mendeteksi ketidakhadiran penghuni, dan perubahan suhu mendadak mencegah hilangnya energi karena mode hemat daya aktif secara otomatis.
Kempat, pembersih udara (
air purifier) berupa Puricare 360 Alpha, dengan metode pemurnian udara unik yang meningkatkan penyaluran udara bersih secara 360 derajat. Ada juga Puricare AeroFurniture, berupa pemurni udara berupa meja praktis yang cocok untuk ruangan kecil.
Baca Juga: Interbrand Menghitung, LG Memiliki Brand Value US$ 6,5 Miliar Produk ini dapat mendorong aliran udara yang disaring hingga 9 meter (m) melalui fitur Clean B, yang naik dan berputar saat dihidupkan untuk mendistribusikan udara yang disaring ke seluruh ruangan. Produk ini juga dilengkapi fitur UVnano, yang dapat menghilangkan 99,99% bakteri dan menetralkan zat berbahaya di udara.
Air purifier keluaran LG ini juga memiliki mode hewan peliharaan yang menargetkan bulu hewan peliharaan yang terletak di tempat yang rendah, menangkap 30% lebih banyak untuk penggantian pra-filter yang lebih bersih dan segar. Filter fotokatalitik, yang diperkuat oleh cahaya, melawan 94% bau hewan peliharaan.
Pengguna juga dapat mengontrol produk-produk tersebut melalui aplikasi ThinQ, Google Assistant, atau Amazon Alexa. Selain itu, pengguna dapat mengakses Smart Diagnosis dan menerima dukungan pelanggan di antara fitur-fitur lainnya. Produk-produk peralatan rumah, akan dibanderol dengan kisaran harga di atas Rp 10 juta. Khusus untuk AC, akan dibanderol pada kisaran di atas Rp 5 juta.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Putri Werdiningsih