LG Electronics Indonesia Segera Memperluas Pengembangan QNED TV



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT LG Electronics Indonesia (LG) siap melebarkan sayap, yakni memperluas keberadaan QNED TV di Indonesia. Langkah ini sejalan dengan upaya perusahaan meningkatkan dominasi pada pasar TV kelas premium di Indonesia.

Keberadaan QNED TV yang berbasis panel LED, bakal dapat lebih memenuhi kebutuhan pasar TV premium yang terus meluas seiring semakin besarnya harapan pengguna pada keberadaan TV. “Dengan basis panel yang telah luas digunakan, QNED membawa teknologi yang menjadi puncak inovasi panel LED saat ini,” ujar Park Jae Il, Product Director Home Entertainment LG Electronics Indonesia, Selasa (28/5). 

Pernyataan ini,  terkait erat dengan evolusi teknologi panel TV. Pasca era TV tabung,  diikuti kemunculan berbagai alternatif panel lain.  LED tumbuh menjadi teknologi panel TV yang terus bertahan dan mengalami berbagai pengembangan teknologi. Penamaan QNED TV pun tersusun dari dua teknologi utama panel LED di dalamnya yaitu Quantum Dot dan NanoCell (emitting diode).  


Quantum Dot menjadi teknologi terkini panel TV LED. Secara singkat, teknologi ini bekerja dengan komponen menyerupai butiran kristal. Dengan memiliki tiga sumber cahaya yang tiap sumbernya menghasilkan warna dasar berbeda, butiran kristal dengan memanfaatkan karakteristiknya, mampu mereproduksi cahaya lebih baik untuk menghasilkan warna lebih akurat dengan kontras lebih tinggi.

“Keunggulan ini menyebabkan semakin banyak pabrikan yang menggunakan teknologi Quantum Dot pada TV LED kelas premium,” ujar Vincent Martana Wenas, Head of Product Marketing Home Entertainment LG Electronics Indonesia.

Baca Juga: LG Meraih TKDN untuk Kategori Kebutuhan Bisnis dan Pendidikan

NED TV hadir menjadi pengembangan dengan mengkolaborasikan teknologi NanoCell milik LG sendiri pada panel LED berbasis Quantum Dot. "Kolaborasi kedua teknologi ini menyentuh dan sekaligus meningkatkan performa reproduksi warna layar TV,” ujar Hyunjin Kim, Product Marketing Home Entertainment LG Electronics Indonesia

LG akan menyematkan berbagai fitur dan teknologi dukungan lain untuk menjadikan QNED TV benar-benar dapat menjawab kebutuhan peminat TV premium di Indonesia. Termasuk menggunakan prosesor berbasia kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) yang akan menambah kekuatan dalam pengaturan performa visual sekaligus audio.

Di sisi lain, keberadaan versi terbaru webOS yang merupakan platform smart TV LG. Selain menjanjikan kemampuan personalisasi melalui kemampuannya mengenali pola penggunaan TV, versi terbaru ini menawarkan peluang pemutakhiran lebih luas yang membuat penggunanya bakal dapat terus menikmati pembaruan versi hingga lima tahun ke depan tanpa tambahan biaya.

Meski belum memberikan detail lebih banyak, LG menyatakan tengah dalam persiapan untuk membawa model QNED TV terbarunya bagi pasar Indonesia. “Tak sampai kaij dari tengah tahun ini, model terbaru QNED TV LG akan kami hadirkan,” ujar Park Jae Il.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian