LG luncurkan TV khusus untuk hotel



JAKARTA. Produsen elektronik LG meluncurkan varian produk televisi terbaru yang khusus digunakan di hotel. Produk tersebut diberinama ProCentric V. Produk ini terdiri dari dua tipe, yakni tipe server dan tipe USB.

"ProCentric diluncurkan untuk menyederhanakan pengaturan manajemen di industri perhotelan," ujar National business to business (B2B) Sales Manager LG Indonesia, Agustian Yusetia dalam keterangannya, Senin, (25/11).

Agustuan menambahkan, televisi ProCentric ini memiliki fitur Hotel Mode, sehingga dapat menyimpan berbagai informasi bagi tamu. Di antaranya petunjuk rute di sekitar hotel, informasi promosi harga, dan cuaca. "Operator hotel tidak perlu mencetak banyak flyer, karena informasi sudah ada di televisi," katanya.


Tampilan pilihan channel pun dibuat lebih sederhana, yaitu berupa kolom yang memudahkan pencarian. Dengan tampilan tersebut lebih nyaman dilihat dibandingkan pilihan channel berbentuk daftar seperti kebanyakan televisi. "Televisi ini sifatnya semi-interaktif," ujar Agustian.

Untuk ProCentric tipe server, programnya dikendalikan melalui pusat server. Pihak hotel tinggal meng-install server yang bisa mengatur serta mengubah program yang ada di setiap kamar. "Ini sangat sederhana, ibaratnya hanya klik di satu tempat, maka program di setiap kamar akan berubah," ucapnya.

Khusus untuk tipe server, operator harus membeli programnya senilai US$ 5.000 atau Rp 58 juta. Sedangkan untuk ProCentric tipe USB, proses pemasangan dihubungkan melalui USB yang sebelumnya sudah diisi dengan beragam konten. “Dengan begitu, yang perlu dilakukan pihak hotel yaitu mengisi konten televisi yang ada di setiap kamar,” ujarnya.

Kedua televisi sudah menggunakan layar jenis light emitting diode (LED) yang tersedia dalam ukuran layar 32 inci, 42 inci, 47 inci, dan 55 inci. Rentang harga yang ditawarkan per unitnya, yaitu Rp 3,5 juta untuk yang terkecil, hingga Rp 10 juta untuk yang paling besar.

Agustian mengatakan, pasar hotel menjadi segmen yang menjanjikan bagi PT LG Electronics Indonesia. Dari total pendapatan produk TV LG di Indonesia, 10% di kontribusi oleh segmen B2B hotel. “LG menargetkan penjualan per bulannya bisa menembus angka 1.000 unit.” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan