JAKARTA. Pabrikan ponsel asal negeri ginseng, LG Mobile Communications Indonesia mantap menapaki pasar ponsel layar sentuh. Setelah sukses meluncurkan ponsel layar sentuh LG Viewty, LG ketagihan memberondong pasar ponsel layar sentuh di Indoensia dengan meluncurkan LG KP 500 atau disebut juga LG Cookie.
Menurut Product Manager LG Mobile Communications Indonesia John Halim, tahun 2008 lalu LG sukses menjual lima juta Viewty keseluruh dunia. "Saya kira, kesuksesan LG berasal dari kejelian LG membidik pasar layar sentuh yang pemainnya belum terlalu banyak," ujarnya.
Menurut John, tahun 2009 merupakan tahun perang teknologi ponsel layar sentuh. Maka LG pun dengan sigap meluncurkan ponsel layar sentuh kelas menengah. tak heran jika LG dianggap sebagai pemain utama ponsel layar sentuh.
"Saya yakin, LG mampu melakukan penetrasi pasar kelas menengah dengan KP 500 ini," lanjutnya. Ponsel layar sentuh anyar LG ini sendiri digadang John mampu terjual lebih dari 12 juta unit secara global. Lantaran harga yang ditawarkan lebih murah dari harga LG Viewty.
Sayangnya, John tidak merinci berapa terget penjualan KP 500 di Indonesia. Namun, John bilang bahwa LG berencana untuk mengambil 6% pasar ponsel Indoensia yang besarannya sekitar 20 juta unit per tahun. "Tahun lalu posisi kami baru 4%," lanjut John.
Asal tahu saja, pada kuartal II tahun 2008, LG mampu meraih pangsa pasar global sebesar 21,3%. Jumlah tersebut pangsa pasar Motorolla yang mendapat pangsa pasar sebesar 25,8% pada kuartal II 2008.
Aprillia Ika Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Barratut Taqiyyah Rafie