KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) mencatat kenaikan volume pelanggan yang signifikan pada periode long weekend Idul Adha 2023. Pada periode Selasa 27 Juni hingga Minggu 2 Juli 2023 volume pelanggan kereta api jarak jauh mencapai 943.650 pelanggan atau rata-rata 157.275 pelanggan per hari, naik 68% dibanding periode yang sama awal Juni yakni Selasa 6 Juni sampai Minggu 11 Juni 2023 sebanyak 563.142 pelanggan atau rata-rata 93.857 pelanggan per hari. “Puncak arus keberangkatan pada periode long weekend tersebut yaitu pada Selasa (27/6) dengan jumlah pelanggan sebanyak 159.884 pelanggan. Sedangkan puncak arus baliknya terjadi pada Minggu (2/7) dengan jumlah pelanggan sebanyak 181.737 pelanggan,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus melalui keterangan tertulis, Senin (3/7).
Baca Juga: Perjalanan 10 Rangkaian Kereta Api Terhenti Saat Gempa Bumi Magnitudo 6,4 di Bantul Adapun 10 KA Jarak Jauh dengan volume terbanyak yaitu: 1. KA Argo Parahyangan (Gambir - Bandung pp) = 110.784 pelanggan. 2. KA Serayu (Pasarsenen - Purwokerto pp) = 69.738 pelanggan. 3. KA Airlangga (Pasarsenen - Surabaya Pasarturi pp) = 68.624 pelanggan. 4. KA Sancaka (Yogyakarta - Surabaya Gubeng pp) = 65.911 pelanggan. 5. KA Putri Deli (Medan - Tanjungbalai pp) = 63.621 pelanggan. 6. KA Joglosemarkerto (melingkar Jawa Tengah) = 55.686 pelanggan. 7. KA Kaligung (Semarang Poncol - Cirebon Prujakan pp) = 52.163 pelanggan. 8. KA Sri Tanjung (Lempuyangan - Ketapang pp) = 51.245 pelanggan. 9. KA Kahuripan (Kiaracondong - Blitar pp) = 50.191 pelanggan. 10. KA Ambarawa Ekspres (Semarang Poncol - Surabaya Pasarturi pp) = 50.091 pelanggan. Baca Juga: Long Weekend Idul Adha, Volume Pelanggan KAI Melonjak 66%