Lindungi Industri Domestik, Turki Kenakan Tarif 40% pada Impor Kendaraan dari China



KONTAN.CO.ID - ISTANBUL. Turki akan mengenakan tarif tambahan sebesar 40% pada impor kendaraan dari China untuk menghentikan potensi penurunan neraca transaksi berjalan dan melindungi produsen mobil dalam negeri.

China menghadapi tekanan perdagangan yang semakin besar di seluruh dunia karena meningkatnya ekspor kendaraan listrik, yang diklaim banyak negara mendapat subsidi besar dari Beijing untuk mendukung perekonomiannya yang sedang terpuruk. 

Tarif tambahan yang dikenakan oleh Turki akan ditetapkan minimal US$ 7.000 per kendaraan, yang berlaku mulai 7 Juli.


“Tarif tambahan akan dikenakan pada impor kendaraan penumpang konvensional dan hibrida dari China untuk meningkatkan dan melindungi porsi produksi dalam negeri yang semakin berkurang,” kata Kementerian Perdagangan Turki.

Baca Juga: Raksasa Teknologi Dunia Berbondong-bondong Investasi di Malaysia

Dalam pernyataannya, kementerian ini juga mengatakan keputusan tarif tambahan dibuat dengan mempertimbangkan target defisit transaksi berjalan dan upaya untuk mendorong investasi dan produksi dalam negeri.

Keputusan tersebut menyebutkan jika tarif 40% yang dihitung dari harga kendaraan impor di bawah US$ 7.000 maka akan dikenakan tarif minimum US$ 7.000.

Pada tahun 2023, Turki memberlakukan tarif tambahan pada impor kendaraan listrik China dan menerapkan beberapa peraturan mengenai pemeliharaan dan layanan kendaraan listrik.

Pemerintah Turki mendorong lebih banyak produksi dan ekspor untuk mengurangi defisit transaksi berjalan yang kronis, yang mencapai US$ 45,2 miliar pada tahun lalu.

Editor: Tendi Mahadi