Lion Group Mendukung Penerbangan Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan



MOMSMONEY.ID - Lion Group mengumumkan kembali penerapan pembayaran tiket penerbangan secara non-tunai (cashless) untuk seluruh penerbangan domestik dan internasional. 

Lion Group sudah mengadopsi metode pembayaran non-tunai sebagai langkah strategis mendukung gerakan ramah lingkungan.

Ada sederet manfaat pembayaran non tunai di industri penerbangan dalam konteks lingkungan, antara lain:

  • Pengurangan sampah kertas, sehingga berkontribusi pada pengurangan limbah dan pemotongan pohon yang dibutuhkan untuk memproduksi uang kertas.
  • Efisiensi energi, sehingga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk proses pembayaran, dan pada gilirannya, mengurangi jejak karbon dari kegiatan operasional.
  • Penyederhanaan proses, agar pengelolaan yang lebih baik dan pengurangan penggunaan sumber daya dalam proses transaksi.

Manfaat transaksi pembelian/ pembayaran tiket pesawat udara Lion Group bagi calon penumpang, yaitu:

  • Mengurangi risiko kehilangan atau pencurian uang tunai
  • Mempermudah akses dan transaksi tiket dengan cepat dan aman melalui berbagai platform digital
  • Mempercepat proses transaksi, mengurangi biaya operasional terkait pengelolaan uang tunai
  • Menyediakan laporan transaksi yang lebih akurat, memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam melakukan pembayaran di mana saja dan kapan saja, terutama saat bepergian ke luar negeri
Baca Juga: Kenapa Setiap Orang Dilarang Merokok di Pesawat?

Proses pembelian tiket dapat dilakukan melalui berbagai kanal resmi berikut: aplikasi BookCabin, website resmi Lion Group, kantor penjualan tiket (ticketing office), contact center (hanya melayani percakapan teks/ tidak melayani panggilan suara), agen perjalanan (tour and travel)

Pastikan menggunakan kanal resmi ini guna mengutamakan keamanan dan kenyamanan transaksi.

Jenis metode pembayaran non-tunai yang tersedia, terdiri dari: Kartu Debit, Kartu Kredit, QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), payment code, payment link, travel voucher yang diterbitkan oleh maskapai. 

Transfer antarbank ke rekening resmi maskapai hanya berlaku dengan ketentuan:

  • Pemesanan tiket bagi grup besar yang terdiri dari lebih dari 10 orang.
  • Tidak untuk perseorangan/ personal.
Upaya emastikan keamanan dan keabsahan transaksi, Lion Group akan mengeluarkan surat resmi (konvensional atau elektronik) sebagai dasar calon penumpang grup untuk melakukan transfer antarbank.

Lewat surat resmi ini, Lion Group memastikan seluruh proses transaksi berjalan dengan transparan dan terpercaya, serta melindungi calon penumpang dari risiko penipuan.

Baca Juga: AirAsia dan Airbus Kerjasama Inisiatif Keberlanjutan Penerbangan

Proses pembayaran menggunakan payment code

  1. Reservasi yang dibuat melalui website dapat langsung menggunakan payment code untuk melakukan pembayaran.
  2. Payment code dibayarkan melalui ATM dan toko ritel (convenience store). Lion Group menyediakan kemudahan bagi penumpang untuk melakukan pembayaran tiket pesawat melalui berbagai kanal pembayaran, salah satunya adalah convenience store seperti Indomaret dan Alfamart.
  3. Payment code harus dilakukan paling lambat 12 (dua belas) jam sebelum keberangkatan untuk memberikan waktu yang cukup bagi penumpang melakukan transaksi.
  4. Tiket akan otomatis diterbitkan oleh sistem setelah pembayaran dilakukan.
Baca Juga: Rute Penerbangan Langsung dari Jakarta dan Bali ke Hong Kong

Proses pembayaran menggunakan payment link

  1. Reservasi dilakukan melalui contact center.
  2. Penumpang dapat mengajukan payment link melalui contact center untuk transaksi kartu kredit atau kartu debit secara online apabila booking code sudah dibuat terlebih dahulu.
  3. Tiket akan otomatis diterbitkan oleh sistem setelah pembayaran dilakukan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nina Dwiantika