KONTAN.CO.ID - Lion Parcel (PT. Lion Express), perusahaan jasa ekspedisi terkemuka di Indonesia mencatat terjadinya peningkatan lebih dari 20% padavolume pengiriman sepanjang bulan Ramadan 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Adanya peningkatan ini seiring meningkatnya antusiasme belanja di social commerce salah satunya terkait kebutuhan Ramadan dan persiapan Lebaran. Selain itu, jaminan PASTI: Paket Telat Sehari, Ongkir Diganti turut memberikan ekstra keamanan dalam perjalanan pengiriman paket pelanggan bersama Lion Parcel karena adanya jaminan uang kembali apabila paket tiba sehari dari waktu yang dijanjikan. Makassar mencatat perkembangan yang sejalan dengan pertumbuhan ini, di mana revenue di area tersebut meningkat lebih dari 15% di bulan Ramadan 2023. Salah satu faktor pendorong adalah tingginya antusiasme belanja online masyarakat Sulawesi Selatan di e-commerce sejak tahun lalu, di mana sepanjang2022 menyentuh Rp5,67 triliun atau tumbuh 19,5% year-on-year1.
“Sebagai Ibu Kota Sulawesi Selatan, Makassar menjadi salah satu kota fokus Lion Parcel untuk terus dikembangkan. Berbagai strategi telah disiapkan untuk menunjang potensi yang ada, termasuk perkembangan infrastruktur dan jaringan secara berkala, perluasan jumlah agen untuk meningkatkan aksesibilitas layanan,hingga pendekatan market secara mendalam sesuai dengan kebutuhan lapangan,” jelas Benno Suryo Ariantoputro selaku Head of Brand Lion Parcel dalam acara Silaturahmi Bersama Lion Parcel di Makassar. Sejalan dengan perkembangan permintaan ini, Lion Parcel juga terusmeningkatkan pengalaman pelanggan (Customer Experience) sebagai faktor pentingpada layanannya. Berbagaiinisiatif dan inovasi telah dilakukan untuk menciptakan Customer Experience yang lebih seamless, meliputi: Integrasi customer journey lewat pengembangan touchpoints pelanggan secara end-to- end, termasuk aplikasi Lion Parcel sebagai one-stop solution yang meningkatkan aksesibilitas. Lewat aplikasi ini, para pelanggan bisa mengakses berbagai informasi dan layanan Lion Parcel, mulai dari melakukan permintaan pick-up dan pembayaran ongkos kirimnya, melihat status resi pengiriman secara realtime, memeriksa harga ongkos kirim, berbelanja di platform toko online Lion Parcel, BisaBelanja, hingga loyalty program PARCEL POIN. Pengembangan CRM (Customer Relationship Management) yang terintegrasi, baik dengan sistem internal, seperti website, aplikasi, OMS (Order Management System), maupun sistem eksternalseperti payment gateway danpartner asuransi. Seluruh touchpoints pelanggan seperti WhatsApp dan sosial media juga turut terintegrasi guna memastikan seluruh permintaan pelanggan dapat ditangani dengan baik. Seluruh touchpoints pelanggan seperti WhatsApp dan sosial media juga turut terintegrasi guna memastikan seluruh permintaan pelanggan dapat ditangani dengan baik. Pengenalan virtual assistantLiona untuk layananpelanggan yang lebihpraktis dan mudah diakses dari mana saja dan kapan saja. Liona hadir pada berbagai platform yang siap membantu setiap pelanggan atau calon pelangganyang sedang mencariinformasi seputar Lion Parcel dan layanannya. “Seiring dengan meningkatnya permintaan pelanggan terhadap layanan logistik Lion Parcel, penting bagi kami untuk fokus memastikan bahwa mereka tetap mendapatkan pengalaman pelanggan terbaik. Oleh karena itu, Lion Parcel berkomitmen untuk terus memberikan Customer Experience terbaik bagi para pelanggan secara end-to-end. Lewat berbagai pengembangan teknologi dan inovasi di semua lini touchpoints, kami yakin dapat meningkatkan keseluruhan pengalaman mengirimbarang pelanggan bersamaLion Parcel,” ungkapDewi Fatnim, Customer Experience Manager Lion Parcel. Selain itu, Lion Parcel juga terus mendengarkan kebutuhan para pelanggan dan secara aktif memperkenalkanprogram-program terbaru. Salah satunya adalahloyalty program PARCEL POIN sebagai bentuk apresiasi Lion Parcel kepadapara pelanggan. PARCELPOIN dapat dikumpulkan oleh para pelanggan Lion Parcel dengan melakukan pengiriman paket melalui retail agen, marketplace, atau aplikasi. Penukaran poin ini dapat dilakukan lewat aplikasi Lion Parcel untuk mendapatkan potongan ongkos kirim pengiriman paket atau ditukar dengan berbagai e-voucher untuk belanja fashion, food & beverages, dan masih banyaklagi. Selain itu, terdapat juga program Diskon 20% untuk pengiriman di bawah 1 kg sebagai salah satu usaha Lion Parcel untuk menawarkan added-value dalam layanannya kepada para pelanggan, terutama para seller dan UMKM yang melakukan pengiriman lewat agen Lion Parcel di seluruh Indonesia. “Kami yakin seluruh inisiatif, program, dan Customer Experience kami, baik dengan skala lokal maupun nasional, dapat terus mendukung kebutuhan pengiriman masyarakat di Makassar dan sekitarnya, meningkatkan proses distribusi barang Tanah Air, serta mewujudkan target peningkatan volume pengiriman Lion Parcel hingga 45% pada akhir tahun 2023,” tutup Benno. Tentang Lion Parcel
Lion Parcel adalah perusahaan logistikterkemuka di Indonesia yang merupakan anak perusahaan Lion Air Group. Berdiri sejak 2013, Lion Parcel melayani pengiriman first, middle, dan last mile, dari pengiriman domestik hingga internasional. Didukung salah satu maskapai penerbangan Indonesia terkemuka di Indonesia, jaringan dan infrastruktur Lion Group, Lion layanan Lion Parcel saat ini mencakup hingga 98% wilayah Indonesia dan 46 negara internasional di 5 benua. Saat ini Lion Parcel memiliki lebih dari 7.000 agen, 15.000 kurir pengiriman, serta 3.000 armada pengiriman. Melalui layanan Lion Parcel yang menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia yaitu ONEPACK, REGPACK, JAGOPACK, INTERPACK, OTOPACK, dan BIGPACK, Lion Parcel berkomitmen untuk menghubungkan masyarakat tanpa batasan waktu dan jarak,sekaligus mewujudkan visinya untuk menyediakan layanan yang terjangkau, aman, dan tepercaya. jasa.
Baca Juga: Tingkatkan Pengalaman Pelanggan, Lion Parcel Kenalkan Virtual Assistant Liona Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti