KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Lippo Karawaci Tbk (
LPKR) membukukan
marketing sales Rp 4,76 triliun sepanjang tahun 2022. Realisasi tersebut mencapai 92% dari target tahun lalu sebesar Rp 5,2 triliun. Sementara dibandingkan dengan capaian tahun 2021, realisasi
marketing sales LPKR mencatatkan penurunan sebesar 4% dari tahun 2021 sebesar Rp 4,96 triliun. Penurunan itu akibat penurunan penjualan kavling di Karawang (San Diego Hills) dibandingkan puncak penjualan pada masa pandemi Covid tahun 2021, serta penjualan rumah tapak yang relatif lebih lambat akibat kenaikan inflasi dan KPR harga selama 12 bulan terakhir. Maklum, berdasarkan data perseroan komposisi profil pembayaran didominasi skema KPR yang mencapai 67%. Tidak termasuk penjualan non-perumahan, pemanfaatan KPR untuk penjualan rumah tapak saja mencapai lebih dari 85%.
Baca Juga: Meski Tender Offer Sepi Peminat, Lippo Karawaci (LPKR) Sukses Memangkas Beban Utang Adapun realisasi
marketing sales LPKR tahun lalu ditopang proyek perumahan yang berkontribusi lebih dari 53%. Penjualan tersebut termasuk seri Cendana Homes, Waterfront Uptown Estates, Holland Village Manado, dan proyek perumahan di Tanjung Bunga. Lebih rinci, berdasarkan lokasi Lippo Village tetap menjadi kontributor terbesar dengan menyumbang 37%. Selanjutnya disusul proyek di Lippo Cikarang dengan kontribusi sebesar 29%. Di level Hold Co,
marketing sales 2022 sebesar Rp 3,39 triliun didorong oleh seri Cendana Homes di Lippo Village dengan total Rp 1,35 triliun atau setara dengan 40% dari total penjualan Hold Co. Penjualan Holdco juga terdiri dari penjualan kavling Rp 865 miliar di 7 lokasi, proyek perumahan di Makassar sebesar Rp 319 miliar, penjualan inventaris bertingkat tinggi yang ada sebesar Rp 294 miliar, dan lahan pemakaman San Diego Hills sebesar Rp 205 miliar. Sepanjang 2022, emiten LPKR berhasil menyerahkan 495 unit di Cendana Parc (tahap 1) per 31 Desember 2022, lebih cepat dari jadwal setelah peluncurannya pada Juni 2021. Pada 17 Desember 2022, LPKR berhasil meluncurkan Cendana Essence, klaster lain dari seri Cendana Homes di Lippo Village. Ada 2 tipe unit, termasuk Essence Villa dan Essence Residence dengan harga masing-masing mulai dari Rp 771 juta dan Rp 920 juta. Dari 222 unit yang dirilis, 187 unit terjual selama peluncuran, atau setara dengan tingkat penerimaan lebih dari 84%.
Anak usaha LPKR, PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) juga mencatatkan
marketing sales mencapai Rp 1,37 triliun. Sebesar 68% berasal dari peluncuran proyek perumahan Waterfront Uptown Estates dan Cendana Spark serta 25% dari penjualan kavling industri senilai Rp 340 miliar. LPCK meluncurkan Newville pada 26 November 2022, dari dua tipe unit yang ditawarkan perseroan berhasil menjual sebanyak 226 unit atau setara dengan
take up rate sebesar 72% per 31 Desember 2022. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Handoyo .