Lippo Malls Terapkan Teknologi Solar Panel untuk Penuhi 8,5% Kebutuhan Listrik



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Lippo Malls Indonesia (LMI) menunjukkan komitmen dalam upaya mengurangi emisi karbon dengan menerapkan teknologi solar panel di pusat perbelanjaannya.

Inisiatif ini tidak hanya bertujuan untuk berkontribusi terhadap lingkungan, tetapi juga untuk memenuhi 8,5% kebutuhan energi listrik pusat perbelanjaan setiap tahunnya.

Seperti diketahui, emisi karbon dalam bentuk CO2 yang merupakan produk sampingan dari pembangkit listrik konvensional di seluruh dunia, menjadi salah satu penyebab suhu rata rata dunia meningkat dan menjadi penyebab terganggunya aspek lain dari iklim bumi.  


Baca Juga: Lippo Karawaci (LPKR) Lepas 18,57% Saham SILO, Mau Fokus Bisnis Real Estate

Dengan penerapan teknologi solar panel, LMI berhasil menghasilkan 1,029,288 kWh energi listrik setiap tahun. Penghematan energi ini sebanding dengan pengurangan 917 ton CO2, yang setara dengan penanaman 24.000 pohon. 

Pada tahap pertama, penerapan teknologi solar panel dilakukan di salah satu mal yang dikelola oleh LMI, yakni di Mall Lippo Cikarang, pusat perbelanjaan yang memiliki bentang atap yang cukup luas dan tidak ada bangunan tinggi di sekitarnya sehingga potensi pemanfaatan solar panel menjadi optimal. 

LMI berencana untuk memperluas penggunaan solar panel di Lippo Plaza Batu dan Lippo Plaza Kramat Jati pada kuartal II 2025, dengan total investasi sekitar Rp11,5 miliar.

Baca Juga: Terapkan Bisnis Keberlanjutan, Lippo Malls Berhasil Menghemat Biaya

Presiden Direktur LMI, Marlo Budiman, menyatakan bahwa langkah ini merupakan strategi untuk mengurangi biaya operasional serta menunjukkan komitmen perusahaan dalam menjaga lingkungan.

"Penerapan solar panel menjadi salah satu langkah strategis perseroan untuk mengurangi biaya operasional, sekaligus juga menjadi salah satu wujud nyata dan komitmen kami untuk terus menjaga lingkungan demi masa depan yang lebih baik," kata Marlo pada keterangan resmi yang diterima Kontan, Jumat (20/9).

Lebih lanjut, LMI juga berkomitmen untuk terus mencari solusi energi hijau lainnya dan mengeksplorasi potensi ekspansi sistem solar panel di pusat perbelanjaan lainnya, guna mengurangi dampak polusi udara yang berkontribusi pada perubahan iklim.

Inisiatif ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, terutama dalam meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi polusi.

Baca Juga: Dukung Indonesia Emas 2045, Bank Mandiri Jalin Kemitraan Bersama Lippo Group

"LMI akan terus melakukan eksplorasi untuk solusi energi hijau lainnya, termasuk mengkaji potensi ekspansi sistem solar panel di beberapa mal yang kami kelola, guna mengurangi dampak CO2 yang menjadi pemicu tingginya polusi udara yang menjadi salah satu penyebab climate change yang saat ini semakin terasa dampaknya pada kualitas udara," pungkasnya.

Selanjutnya: Kemenhub Catat PNBP Transportasi Laut Jadi Penyumbang Terbesar

Menarik Dibaca: Promo Indomaret Minyak Murah Periode 19-25 September 2024, Ada Ekstra Diskon Rp 5.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto