KONTAN.CO.ID - Mempunyai tampilan rapi bak artis tentu menjadi impian sebagian kaum adam. Mereka pun rela berlama-lama di
barbershop demi perawatan rambut. Inilah peluang bagi bisnis
barbershop. Tak hanya di kota besar,
barbershop juga kian mudah ditemui di kota-kota kecil. Tak ingin ketinggalan Wisuda Nugraha pun membuka Kick Barbershop di Langsa, Aceh pada 2017 lalu. Tak lama kemudian, dia juga menawarkan kemitraan gerai
barbershop-nya.
Hingga sekarang, belum ada gerai mitra. Yudha, panggilan Wisuda mengaku, cukup selektif menentukan mitra yang bakal diajak kerjasama. "Banyak calon mitra yang tertarik ,tapi belum ada yang deal sampai sekarang," jelasnya. Kick Barbershop menawarkan lima paket pelayanan, seperti gunting, pijat,
hair styling dan lainnya. Tarifnya mulai Rp 35.000-Rp 130.000 per paket. Wisuda mengklaim, keunggulan Kick Barbershop terletak pada kursi putar yang memudahkan konsumen ketika gunting dan cuci rambut. Selain itu, Yudha juga melengkapi usahanya dengan
laundry sepatu. Biayanya mulai Rp 20.000-Rp 150.000 per pasang. Ada tiga paket kemitraan Kick Barbershop.
Pertama, paket Rp 200 juta. Fasilitasnya adalah, enam kursi
box, peralatan salon lengkap,
chemical, pelatihan, dan
branding.
Kedua, paket Rp 250 juta. Fasilitas sama dengan paket sebelumnya, tapi mitra mendapatkan tambahan fasilitas laundry sepatu.
Ketiga, paket Rp 300 juta. Di paket ini, mitra mendapat delapan kursi
box. Lainnya, sama dengan paket kedua. Perlu dicatat, mitra yang hendak bergabung harus menyiapkan lokasi dengan luas minimal 4x8 m2 dan 12 orang karyawan. Bila tak ingin repot, mitra dapat meminta pihak manajemen menjalankan bisnisnya. Sebagai imbalannya, mitra dikenakan biaya manajamen sekitar 5% dari total omzet per bulan. Berdasarkan perhitungan Yudha, dalam waktu dua tahun, modal mitra bisa kembali. Asal, dapat mencapai target pendapatan minimal Rp 30 juta per bulan. Keuntungan bersihnya berkisar 45% dari omzet. Sampai dengan akhir tahun dia menargetkan dapat membuka dua gerai cabang mitra. Makanya, saat ini dia getol melakukan promosi melalui media sosial.
Erwin Halim, Konsultan Usaha menyarankan pemilik merek terlebih dulu memberikan bukti pencapaian waktu balik modal, pendapatan dan
customer base untuk menjaring mitra bergabung. Untuk menarik konsumen, ada baiknya pemilik merek juga mengedukasi warga sekitar dan memanfaatkan media sosial untuk mengundang konsumen datang. Promosi berkala sebaiknya harus dilakukan. Tujuannya untuk membuat konsumen loyal. Kick Barbershop Jl. Ahmad Yani No. 12 Kota Langsa, Langsa Aceh HP. 085310757788 Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Johana K.