KONTAN.CO.ID - Gangguan listrik merupakan hal yang umum dialami setiap pengguna listrik, sehingga kerap mengajukan pengaduan ke PLN. Jenis gangguan yang dialami pun bermacam-macam, misalnya
power failure atau listrik padam. Jika Anda tiba-tiba mengalami gangguan listrik di rumah, jangan panik dulu. Saat ini, akses untuk mengajukan pengaduan ke PLN sudah semakin mudah dan dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda. Pihak PLN pun cukup responsif dalam menanggapi pengaduan yang Anda ajukan. Nah, jika Anda perlu mengajukan pengaduan ke PLN, berikut beberapa cara yang bisa Anda coba. Yuk, simak di bawah!
Baca Juga: Hari ini, ganjil genap di DKI Jakarta mulai berlaku kembali Melalui telepon Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengajukan pengaduan ke PLN adalah melalui sambungan telepon. Caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menghubungi PLN di nomor 123 jika Anda menggunakan telepon. Jika Anda menggunakan ponsel, gunakan kode area tempat tinggal Anda. Misalnya, jika Anda berdomisili di Jakarta, hubungi (021)123 supaya tersambung ke PLN. Namun, sambungan telepon ini menggunakan pulsa alias tidak gratis. Melalui media sosial Kedua, Anda dapat mencoba untuk menghubungi PLN melalui akun-akun sosial media mereka. PLN cukup aktif dalam mengelola akun media sosialnya, sehingga keluhan Anda dapat dijawab dalam waktu cepat. Anda dapat memilih salah satu akun media sosial PLN di bawah ini untuk Anda hubungi, sesuai dengan akun media sosial yang Anda miliki:
- Twitter: @pln_123
- Facebook: PLN 123
- Instagram: @pln123_official
- E-mail: pln123@pln.co.id
Baca Juga: Promo Superindo 12 Agustus 2021, diskon terakhir sebelum JSM! Melalui aplikasi PLN Mobile Terakhir, Anda dapat mengajukan pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile. Aplikasi yang diluncurkan PLN ini memang menawarkan kemudahan dalam mengakses berbagai layanan PLN hanya melalui
smartphone Anda, seperti menambah daya listrik, membeli token, hingga mengajukan pengaduan gangguan listrik.
Dikutip dari akun Instagram Contact Center PLN di @pln123_official, berikut langkah-langkah untuk mengajukan pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile:
- Unduh aplikasi PLN Mobile di app store yang ada di ponsel Anda.
- Buka aplikasi, kemudian klik menu Pengaduan di halaman depan aplikasi.
- Pilih jenis pengaduan yang ingin diajukan.
- Di kolom yang disediakan, masukkan ID pelanggan yang ingin diadukan. Anda juga dapat memasukkan ID pelanggan atau nomor meter lain.
- Jika Anda tidak mengetahui nomor ID pelanggan, cukup tunjukkan lokasi melalui map yang disediakan.
- Tentukan lokasi, kemudian klik Konfirmasi.
Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajukan pengaduan ke PLN. Bagaimana, mudah dan praktis, kan? Anda tinggal memilih cara apa yang sesuai untuk Anda, kemudian ajukan pengaduan dengan cara yang santun. Selamat mencoba!
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Kania Paramahita