KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masyarakat semakin menggemari kegiatan live shopping, yaitu berbelanja online secara langsung melalui siaran streaming. Berbagai platform media sosial hingga marketplace berlomba menyediakan fitur live streaming yang memungkinkan penjual memasarkan produk secara langsung sambil berinteraksi dengan pembeli. Dalam survei Katadata Insight Center (KIC) bertajuk Consumer Behavior on Live Shopping terungkap, promo merupakan faktor pemikat bagi masyarakat untuk membuka live shopping. “Konsumen cenderung masih membuka platform e-commerce untuk melihat-lihat dan mencari tahu deskripsi produk. Sementara fitur live shopping ntuk mencari promo terbaik dan mengetahui deskripsi produk yang lebih dalam,” ujar Direktur Riset KIC, Gundy Cahyadi, dalam rilis ke Kontan.co.id, Jumat (6/12). Merujuk hasil survei, sebanyak 99% responden mengakui, faktor penawaran, diskon, harga, dan gratis ongkos kirim menyebabkan mereka tertarik belanja melalui live shopping. Sementara, 97% responden mengaku tertarik karena ragam produk dan 75% tertarik karena produk yang ditawarkan hanya dijual saat live shopping. “Di platform live shopping, host bisa membahas produk yang diinginkan konsumen untuk dipraktekkan penggunaannya,” kata Gundy.
Live Shopping Bisa Jadi Salah Satu Pendongkrak Bisnis UMKM
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masyarakat semakin menggemari kegiatan live shopping, yaitu berbelanja online secara langsung melalui siaran streaming. Berbagai platform media sosial hingga marketplace berlomba menyediakan fitur live streaming yang memungkinkan penjual memasarkan produk secara langsung sambil berinteraksi dengan pembeli. Dalam survei Katadata Insight Center (KIC) bertajuk Consumer Behavior on Live Shopping terungkap, promo merupakan faktor pemikat bagi masyarakat untuk membuka live shopping. “Konsumen cenderung masih membuka platform e-commerce untuk melihat-lihat dan mencari tahu deskripsi produk. Sementara fitur live shopping ntuk mencari promo terbaik dan mengetahui deskripsi produk yang lebih dalam,” ujar Direktur Riset KIC, Gundy Cahyadi, dalam rilis ke Kontan.co.id, Jumat (6/12). Merujuk hasil survei, sebanyak 99% responden mengakui, faktor penawaran, diskon, harga, dan gratis ongkos kirim menyebabkan mereka tertarik belanja melalui live shopping. Sementara, 97% responden mengaku tertarik karena ragam produk dan 75% tertarik karena produk yang ditawarkan hanya dijual saat live shopping. “Di platform live shopping, host bisa membahas produk yang diinginkan konsumen untuk dipraktekkan penggunaannya,” kata Gundy.